Gempa Dangkal Landa Samosir, Warga Rasakan Guncangan Hingga 4 Detik

oleh -213 Kali Dibaca
Lokasi gempa bumi M3,5 di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Selasa malam, 18 Mei 2021/ [Foto Screenshot | Rienews]

RIENEWS.COM – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Samosir yang berada di tengah Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara, dengan kekuatan Magnitudo (M)3,5. Guncangan gempa bumi di Samsosir dirasakan cukup kuat oleh warga yang bermukim di danau terluas dunia tersebut.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati menyebutkan, guncangan gempa bumi Samosir, dirasakan kuat oleh warga hingga durasi 4 detik.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir menginformasikan guncangan kuat dirasakan oleh warganya. Warga Samosir merasakan guncangan selama 3 hingga 4 detik. Namun demikian, warga tidak panik saat gempa terjadi. Hingga kini, BPBD setempat belum menginformasikan adanya laporan dampak akibat gempa tersebut,” ujar Raditya, Rabu 19 Mei 2021.

Baca Juga:

Tinggi Erupsi Gunung Sinabung Mencapai 3,5 Kilometer

Gempa Bumi Dangkal Guncang Tapanuli Selatan

Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) melaporkan, gempa bumi berkekuatan M3,5 terjadi pada Selasa malam, 18 Mei 2021, sekitar pukul 19.14 WIB. Dijelaskan, pusat gempa berada di darat, episenternya berada di 5 kilometer timur Samosir. Sedangkan hiposenter gempa berada di kedalaman 3 kilometer.

BMKG mengategorikan guncangan gempa bumi Samosir dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity), yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Selang dua jam, gempa bumi susulan kembali mengguncang Samosri. Informasi yang diperoleh dari BMKG, menyebutkan, gempa bumi susulan di Samosir berkekuatan M2,2 yang perpusat di darat, arah 2 kilometer timur Samosir di kedalaman (hiposenter) 1 kilometer.

Guncangan gempa bumi susulan di Samosir dirasakan dalam skala II MMI.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyampaikan bahwa gempa di sekitar Samosir merupakan bagian rangkaian gempa swarm atau gempa kerumuman di sekitar Toba. (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *