Gempa Darat Dangkal Terjadi di Pasaman dan Karo

oleh -135 Kali Dibaca
Tangkapan layar, pusat gempa darat di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. [Foto BMKG | Rienews]

RIENEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika  (BMKG) merilis laporan gempa bumi yang terjadi di darat pada Senin malam, 7 Desember 2020. Gempa berlangsung di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, dan Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Merujuk pada laporan BMKG, gempa Pasaman berada  di kedalaman 8 kilometer, berpusat di 7 kilometer tenggara Kabupaten Pasaman. Lindu terjadi Senin malam,  pukul 23.05 WIB, dengan kekuatan 4,8 Magnitudo (M).

Baca Berita Gempa Bumi Di Sini

Gempa dirasakan dalam skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III-IV di Kabupaten Pasaman. Skala Intensitas III MMI (lemah), diilustrasikan getaran dirasakan nyata dalam rumah. Skala Intensitas IV MMI (ringan), diilustrasikan getaran dirasakan oleh orang banyak dalam rumah dan di luar rumah.

Sementara di Kota Bukit Tinggi, Kota Payakumbuh dan Kota Padangpanjang gempa dirasakan dalam Skala Intensitas I-II MMI.

Baca Berita:

Bencana Hidrometeorologi di Lebak, 1.000-an Rumah Terendam, 4 Warga Hanyut

Banjir di Provinsi Aceh, Satu Orang Meninggal Dunia

Tangkapan layar, pusat gempa darat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. [Foto BMKG | Rienews]
Sebelumnya, BMKG juga merilis laporan gempa darat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Senin malam, pukul 21.23 WIB. Gempa berkekuatan 2,8 M berada di kedalaman 5 kilometer, berpusat di 20 kilometer timur laut Kabupaten Karo. Lindu ini dirasakan dalam Skala Intensitas I-II MMI di wilayah Bandar Baru, Sibolangit, Kabupaten Deli Srdang.

 

Gempa darat tersebut merupakan gempa kedua kalinya  terjadi di Kabupaten Karo, di awal Desember 2020.

Berdasarkan laporan BMKG, pada Jumat dinihari, 4 Desember 2020, gempa darat terjadi di kedalaman 131 kilometer, bepusat di 37 kilometer barat laut Karo.

Gempa berkekuatan 5,4 M, dirasakan dalam Skala Intensitas III MMI di wilayah  Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, dan Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Tidak ada laporan dampak guncangan lindu tersebut. BMKG di laman inatews.bmkg.go.id, menyarankan hati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *