Hari Ini, 3 Gempa Landa Wilayah Indonesia

oleh -112 Kali Dibaca
Tangkapan layar peta guncangan gempa bumi M5,7 di wilayah Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, pada Senin 11 Januari 2021, pukul 08.20 WIB. [Foto BMKG | Rienews]

RIENEWS.COM – Tiga gempa bumi hari ini, Senin 11 Januari 2021, melanda tiga wilayah Indonesia. Dua di antaranya tercatat berkekuatan di atas 5,0 magnitudo (M).

Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan M5,7 terjadi pada pukul 08.20 WIB. Gempa berada di kedalaman 650 kilometer laut,  dengan pusat gempa berada pada 113 kilometer timur laut Kota Ruteng, merupakan Ibu Kota Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Meski guncangan gempa mencapai wilayah Provinsi Bali dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), namun kekuatan guncangan gempa tersebut dirasakan lemah.

BMKG merilis guncangan gempa M5,7  di perairan Ruteng tersebut dirasakan dalam skala intensitas II-III Modified Mercalli Intensity (MMI) untuk wilayah Waingapu (NTT). Di wilayah Kota Denpasar dan Kuta, Provinsi Bali, guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas II MMI.

Baca Berita:

Sinyal Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan di Kedalaman 23 Meter Permukaan Laut

Bencana Hidrometeorologi Kembali Renggut Korban, 11 Warga Cihanjuang Sumedang Tewas Tertimbun Longsor

Sedangkan untuk wilayah Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas II MMI.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB), Raditya Jati menyebutkan, BPBD Kabupaten Manggarai menginformasikan, lindu yang terjadi pada Senin pagi itu, tidak dirasakan oleh warga.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai menyampaikan warganya tidak merasakan gempa M5,7. Hingga kini belum ada informasi terkait dengan dampak gempa tersebut. Di samping itu, berdasarkan pemodelan tsunami dari BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami,” ujar Raditya.

Gempa Darat

 

Tangkapan layar peta guncangan gempa bumi M4,9 di wilayah Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB, pada Senin 11 Januari 2021, pukul 05.40 WIB. [Foto Inatews BMKG | Rienews]
Sebelumnya, pada pukul 05.40 WIB, gempa berkekuatan M4,9 yang berpusat di darat di kedalaman 11 kilometer, terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). BMKG menyebutkan, pusat gempa berada di 10 kilometer timur laut Kabupaten Lombok Utara.

Guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas III MMI di wilayah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, dan Kota Mataram, Provinsi NTB. Belum ada laporan dampak lindu yang terjadi.

Gempa  Terbaru

Berselang 37 menit setelah lindu terjadi di perairan Ruteng, Manggarai, Provinsi NTT. BMKG melaporkan terjadinya gempa berpusat di laut, perairan wilayah Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, pukul 08.57 WIB.

Data BMKG menjelaskan, kekuatan gempa M5,2 berada di laut pada kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berpusat berada di 98 kilometer barat laut Kabupaten Tolitoli, atau 119 kilometer barat laut Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas II-III di Kabupaten Tolitoli.

“BPBD Kabupaten Tolitoli menginformasikan guncangan gempa dirasakan sedang oleh warganya. Guncangan sedang terjadi sekitar 5 detik,” kata Raditya. (Red)

Sumber : bnpb.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *