Jelang Nataru, Dishub Karo Periksa Kelaikan Angkutan Umum

oleh -516 Kali Dibaca
Kepala Dinas Perhubungan Karo Gelora Fajar Purba menggelar pemeriksaan kelaikan jalan kendaraan umum menjelang Natal dan Tahun Baru di Terminal Tiga Baru, Jalan Veteran, Kabanjahe, Rabu 18 Desember 2019. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Perhubungan Karo bersama Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Karo, PT Jasa Raharja dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) menggelar pemeriksaan terhadap kelaikan bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP). Pemeriksaan kelaikan bus AKDP digelar sejak Rabu 18 Desember 2019 hingga Senin 6 Januari 2020.

Pemeriksaan kelaikan bus AKDP dipimpin langsung Kepala Dinas Perhubungan Karo Gelora Fajar Purba bersama personel Satlantas Polres dan  PT Jasa Raharja di Terminal Tiga Baru, Jalan Veteran, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan, Gelora mengungkapkan, menemukan perangkat  bus yang dapat membahayakan keselamatan penumpang, seperti ban dan rem tangan yang tidak berfungsi.

“Kami akan fokus kepada pemeriksaan kelaikan kendaraan untuk mobil penumpang dan angkutan barang, seperti yang melanggar over dimensi dan over load,” ujar Gelora, di sela-sela pemeriksaan yang digelar pada Rabu 18 Desember 2019.

Baca Berita:

Masuk Zona Wabah Demam Babi, Ini Reaksi Bupati Karo

Jelang Tahun Baru, Polres Tanah Karo Gelar Aksi Bersih Jalur Lalu Lintas

Dikatakannya, pemeriksaan yang dilakukan meliputi sistem kelaikan jalan kendaraan, misalnya roda kendaraan, rem, kaca, dan lampu kendaraan.

Gelora menyebutkan pemeriksaan laik jalan (ramp check) kendaraan dilakukan untuk menghindari ketidaksiapan kendaraan angkutan saat membawa penumpang.

Ramp check difokuskan pada tiga unsur penting yakni, administrasi, teknis dan penunjang. Dan unsur administrasi meliputi SIM, STNK, Surat Tanda Uji Kelaikan (STUK), dan kartu pegawai,” katanya.

Gelora menegaskan, pemeriksaan yang dilakukan untuk terjaminnya keselamatan dan keamanan masyarakat sebagai pengguna jasa layanan angkutan umum, agar tidak menjadi korban akibat kelalaian dari operator bus.

“Jika ditemukan pelanggaran, kami akan memberikan sanksi tegas, seperti penyitaan dokumen perjalanan atau melarang meneruskan perjalanan. Semoga dengan adanya ramp check, musim libur Natal dan Tahun Baru 2020 ini bisa berjalan lancar, aman, dan selamat,” ujarnya.

Gelora pun mengingatkan para sopir bus AKDP maupun angkutan pedesaan supaya mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan.

“Jadikan rambu lalu lintas sebagai teman selama perjalanan bukan sekadar hiasan. Supaya meningkatkan keselamatan penumpang dalam perjalanan,” katanya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *