Lombok Utara, Kaimana dan Supiori Diguncang Gempa

oleh -166 Kali Dibaca
Peta guncangan gempa di darat, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB. Tangkapan layar di laman BMKG. [Foto BMKG | Rienews]

RIENEWS.COM – Lindu kembali mengguncang sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jumat malam, 11 Desember 2020, mengumumkan terjadinya gempa bumi bermagnitudo 4,1 di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi  Nusa Tenggara Barat, pukul 19.51 WIB.

Guncangan dirasakan hingga Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Titik episenter gempa berada di darat 42 kilometer timur laut Kabupaten Lombok Utara, dengan kedalaman (hiposenter) 11 kilometer.

Guncangan gempa di darat ini dirasakan di wilayah Kabupaten Lombok Timur dalam skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II. Sementara untuk wilayah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, dan Kabupaten Karangasem, guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas II MMI.  BMKG mengimbau masyarakat berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Baca Berita Gempa Bumi Di Sini

Catatan redaksi, gempa berlokasi di darat yang terjadi di Lombok Utara, gempa darat yang ketiga melanda wilayah Indonesia, pada Jumat 11 Desember 2020.

Sebelumnya, gempa darat terjadi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. BMKG menyebutkan gempa M4,2 tersebut merupakan gempa tektonik dangkal, dipicu aktivitas sesar Brebes.

Baca Berita:

HP TECNO Spark 6 Go Ludes Terjual, Ini Keunggulannya

Gempa Darat Kembali Terjadi, Ambon Diguncang Gempa Magnitudo 4,1

BNPB melaporkan, dampak guncangan gempa yang dirasakan di Kabupaten Brebes hingga Kabupaten Kuningan dan Cirebon di Jawa Barat, dalam skala intensitas II-III MMI itu menyebabkan 23 unit rumah warga di Kuningan, alami rusak ringan dan sedang.

Setelah guncangan gempa darat di Brebes, guncangan serupa melanda Ambon, Provinsi Maluku, dengan magnitude 4,1.

Gempa Laut  di Kaimana dan Supiori

BMKG merilis kejadian gempa bumi berlokasi di laut, di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, dan Kabupaten Supiori, Provinsi Papua.

Di Kabupaten Kaimana, gempa dengan magnitudo 2,7 terjadi pada Jumat 11 Desember 2020, pukul 19.41 WIB.

BMKG menjelaskan, episenter gempa berada di 76 kilometer barat daya Kaimana, pada kedalaman 10 kilometer laut. Guncangan gempa dirasakan di Kaimana dalam skala intensitas II MMI.

Kabupaten Supiori, Jumat malam, pukul 20.33 WIB, turut dilanda lindu dengan magnitudo 3. Lokasi episenter gempa di 23 kilometer timur laut Supiori, pada hiposenter (kedalaman)  8 kilometer laut. Guncangan lindu dirasakan di wilayah Pulau Biak, Papua, dalam skala intensitas II MMI. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *