Menggali Potensi Wisata Air Desa Doulu

oleh -141 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Serta Ginting. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Kabupaten Karo di Provinsi Sumatera Utara, merupakan wilayah yang memiliki potensi wisata alam. Kabupaten yang berada di dataran tinggi ini, sejatinya, sudah dikenal sebagai kawasan wisata dan daerah hortikultura.

Potensi wisata Kabupaten Karo ini menarik minat pihak swasta. Hal ini terungkap dalam pertemuan Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi dengan Serta Ginting dan pengusaha perhotelan Jhon Modal Pencawan dan Firdaus Tarigan, Selasa 29 Oktober 2019, di ruang kerja Bupati Karo.

Mantan politisi DPR RI, Serta Ginting mengajak Pemerintah Kabupaten Karo menggali potensi wisata di daerah itu, di antaranya di kawasan Desa Doulu, Kecamatan Berastagi.

Baca Wisata Air Panas Karo di sini

Kawasan Desa Doulu dikenal sebagai destinasi air panas (belerang). Potensi wisata air di kawasan Doulu dapat lebih digali dan ditata, misalnya, dengan membangun danau buatan dengan tidak merusak lingkungan sekitar.

Serta Ginting meyakini kawasan wisata ini akan menarik minat investor. Namun begitu, dia mengajak Pemerintah Kabupaten Karo menelusuri status lahan dan proses perizinannya.

“Itu boleh kita akan telusuri. Saya rasa kalau memang tanah itu masuk dalam daerah kawasan hutan lindung atau konservasi, boleh kita koordinasi dengan instansi terkait yang mengelola atau yang menangani. Jika tidak terdampak bagian dari  merusak hutan, saya rasa boleh memanfaatkan lahan itu menjadi objek wisata,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Serta Ginting menyatakan soal anggaran pembangunan wisata, dirinya bersedia mencarikan investor.

Baca Berita:

Kapolres Tanah Karo Pimpin Sertijab Sembilan Perwira

Pemekaran Wilayah Desa Batukarang Disahkan

“Kalau soal anggaran, saya akan sanggupi mencari investornya. Dan ini sudah pernah saya buktikan, (masih aktif di DPR RI) kala itu, saya bawa pemodal dari Cina. Ternyata kita (daerah) tidak mampu bekerjasama dengan investor itu untuk membangun pariwisata kita,” ungkapnya.

Ditegaskannya, dengan menggali potensi wisata, Pemerintah Kabupaten Karo dan masyarakat mendapatkan tambahan pendapatan dari sektor wisata lebih besar.

“Untuk menggali potensi wisata, silakan percayakan kepada saya. Pasti bisa, pemasukan daerah dari sektor pariwisata pasti bertambah besar,” tuturnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana sependapat dengan gagasan yang disampaikan Serta Ginting.

“Saya sangat setuju atas masukan untuk menggali potensi wisata  di kawasan Doulu. Tapi yang paling penting, kita harus mempedomani regulasi yang berlaku. Karena di kawasan itu banyak juga lahan (tanah) milik masyarakat. Selain itu, status lahan yang berada di sekitar hutan itu juga perlu kita ketahui statusnya ke pihak kehutanan dalam hal ini balai besar atau pihak pengelola Tahura,” ujar Terkelin.

Bupati juga mengungkapkan, penggalian potensi di sektor lain juga patut diperhatikan untuk pembangunan Kabupaten Karo.

“Potensi lain juga perlu kita perhatikan untuk pembangunan daerah ini. Karena masih banyak pembangunan yang dibutuhkan daerah ini. Seperti rencana pembangunan jalan layang yang saat ini dalam studi kelayakan. Kita doakanlah supaya semua rencana (pembangunan Jalan Medan-Berastagi) ini dapat terwujud, sesuai harapan kita dan masyarakat,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *