3 Bangunan Tertimpa Longsor di Cianjur, Satu Warga Luka Berat

oleh -110 Kali Dibaca
Dua rumah warga tertimpa material longsor yang melanda Desa Merkamulya, Kecamatan Cikalongkulon, dan Desa Sukabungah di Kecamatan Campakmulya, Kabuapeten Cianjur, Jawa Barat, Minggu 19 September 2021. [Foto BPBD Cianjur]

RIENEWS.COM – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memicu terjadinya longsor di Desa Merkamulya, Kecamatan Cikalongkulon, dan Desa Sukabungah di Kecamatan Campakmulya. Peristiwa ini menyebabkan dua unit rumah warga yang dihuni dua kepala keluarga (tujuh jiwa), dan gedung sekollah Madrasah Aliyah (MA) Nurul Aklam, tertimpa longsor.

Bencana tersebut juga dilaporkan menyebabkan satu orang warga Desa Merkamulya dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan, menderita luka berat.

“Warga yang mengalami luka berat (kini) mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sayang Cianjur. Selain korban luka-luka, tanah longsor juga berdampak pada 2 KK atau 7 warga yang harus mengungsi sementara ke rumah kerabat terdekat,” ungkap Asep Sudrajat, Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Cianjur, Senin 20 September 2021.

Baca Juga:

Berkat Kepedulian, Owa Ungko Ini Berhasil Diselamatkan

Dilanda Angin Kencang dan Hujan, Satu Warga Gambiran Terluka

Asep menjelaskan, longsor dipicu hujan lebat pada Minggu 19 September 2021, sekitar  pukul 18.45 WIB.  Ketiga bangunan itu dilaporkan tertimpa material longsor.

Pasca-kejadian, BPBD Kabupaten Cianjur berkoordinasi dengan Koramil, Polsek, pihak pemerintah kecamatan, desa, relawan dan masyarakat untuk melakukan penanganan korban dan terus melakukan pemantauan sekitar lokasi longsor untuk mengantisipasi terjadi longsor susulan.

Berdasarkan analisis InaRISK, terdapat 29 kecamatan di Kabupaten Cianjur masuk wilayah potensi tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi, termasuk Kecamatan Cikalongkulon dan Kecamatan Campakamulya.

Prakiraan cuaca BMKG, wilayah Kabupaten Cianjur masih berpotensi hujan ringan hingga sedang, pada Selasa 21 September 2021. Masyarakat diimbau untuk selalu siap siaga dan waspada terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti tanah longsor.

Identifikasi potensi risiko dan bahaya di sekitar keluarga Anda dan segera lakukan rencana kesiapsiagaan keluarga sehingga seluruh anggota keluarga terhindar dari bencana. (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *