60 Penambang Emas Bakan Tertimbun Longsor

oleh -997 Kali Dibaca
Evakuasi terhadap penambang emas di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, tertimbun longsor. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM – Puluhan penambang emas yang diduga penambangan emas tanpa izin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, tertimbun longsor. Upaya evakuasi terhadap puluhan penambang hingga kini terus dilakukan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, peristiwa longsor di lokasi PETI terjadi Selasa 26 Februari 2019, sekitar pukul 21.00 WITA.

“Pada saat puluhan orang sedang menambang emas di lokasi tersebut tiba-tiba tiang dan papan penyanggah lubang galian patah akibat kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian tambang,” sebut Sutopo dalam keterangan persnya, Rabu 27 Februari 2019.

Menurut Sutopo, diperkirakan 60 orang korban tertimbun material longsor, tanah dan batuan, di areal tambang rakyat itu.

Baca Berita: Anggota DPRD Karo Soroti Pencemaran Sungai

Baca Juga: Dua Event Kabupaten Karo Masuk CoE 2019 Kementerian Pariwisata

“Sampai dengan Rabu 27 Februari 2019, pukul 05.00 WITA, sudah berhasil dievakuasi sebanyak 14 orang dengan rincian, satu orang meninggal,  13 orang luka ringan dan berat. Diperkirakan masih terdapat puluhan korban terjebak di dalam reruntuhan lubang galian tambang,” kata Sutopo.

Ditegaskannya, upaya penyelamatan langsung dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolaang Mongondow begitu mendapat informasi dari masyarakat. BPBD Bolaang Mongondow berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban. (Rep-02)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *