Alumni Mahasiswa Bandung Kontribusi Pemikiran Untuk Kemajuan Karo

oleh -234 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana membubuhkan tanda tangan di buku daftar Pengurus Emaka Ban 2017-2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Alumni mahasiswa Bandung berkomitmen akan memberikan kontribusi pemikiran untuk kemajuan Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Pernyataan itu disampaikan pengurus baru Emaka Ban langsung dihadapan Bupati Karo Terkelin Brahmana yang juga Penasihat Emaka Ban, pada Minggu malam, 10 November 2019, di Restoran Kenanga, Kota Medan.

Emaka Ban merupakan wadah bagi para alumni warga dan suku Karo yang pernah mengenyam pendidikan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Ketua Emaka Ban 2017-2019, Vespa Conggo Meliala menyatakan, berdasarkan hasil rapat-musyawarah yang dilaksakan pada Oktober lalu di Kepulauan Seribu, disepakati kepengurusan Emaka Ban yang dipimpin Agustin Pandia diserahkan kepada Vespa Conggo Meliala.

“Pergantian kepengurusan ini sesuai hasil musyawarah dan mufakat komunitas Emaka Ban saat rapat di Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, tanggal 10-11 Oktober 2019,” ujar Agustin Pandia.

Baca Berita:

Banjir Bandang di Mardinding, 13 Rumah Warga Rusak

Investor Tiongkok Ingin Berinvestasi Ternak Babi di Karo, Tapi…

Menurut Agustin, peralihan kepengurusan dilakukan agar Emaka Ban lebih prima dan bertanggung jawab untuk kemajuan di Tanah Karo.

“Iya, komunitas Eks Mahasiswa Bandung  (Emaka Ban) yang selama ini diakuinya, sudah ada terbentuk,” katanya.

Agustin mengakui Emaka ban sepenuhnya belum berjalan dengan baik, dalam menjalankan program visi misi.

“Inilah estafet kepengurusan ini perlu restorasi  demi Emaka Ban menjadi organisasi yang kinikaron dalam budaya Karo memperjuangkan kemajuan untuk Tanah Karo Simalem,” katanya.

Vespa Conggo Meliala menyatakan menerima mandat sebagai Ketua Emaka Ban yang baru. Disebutkannya, struktur kepengurusan Emaka Ban akan dilengkapi dengan koordinator di sejumlah daerah.

“Dalam kepengurusan baru ini secara umum terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Lalu ada koordinator Jabotabek, Bandung, Medan, Tanah Karo,” ungkapnya.

Dalam acara serah terima pengurus itu, Vespa menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bupati Karo Terkelin Brahmana, juga selaku Penasihat Emaka Ban.

Terkelin Brahmana mengaku senang dapat bertemu dengan para alumni mahasiswa di Kota Bandung.

“Saya merasakan dan sempat membayangkan, masa-masa kuliah di Bandung. Malam ini bertemu dengan situasi usia suda tua, bukan muda lagi,” katanya.

Terkelin mengapresiasi siap membantu pengurus Emaka Ban. Terlebih Emaka Ban dilandasi kinikaron merupakan upaya membentuk rasa kecintaan terhadap suku Karo terdiri dari beragam seni, budaya dan adat istiadat, serta kearifan lokal. Kinikaron juga merupakan suatu upaya untuk membantu program-program untuk Tanah Karo bahkan memperkenalkan keberadaan suku Karo kepada masyarakat luas.

“Ke depan saya berharap, kiranya kepengurusan yang baru membuat AD /ART. Kita siap menerima masukan bahkan kritikan demi kebaikan Pemda Karo,” pungkasnya Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *