Badikenita Usul Agar Bupati Karo Prioritaskan Kawasan Pariwisata Ini

oleh -1.379 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama anggota DPD RI, Badikenita Sitepu membahas kemajuan pariwisata diKabupaten Karo. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) RI asal Sumatera Utara, Badikenita Sitepu menyatakan pariwisata di Kabupaten Karo terutama kawasan Tongging, Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan, dan Lau Kawar menjadi prioritas pembangunan pariwisata. Senator kelahiran Karo ini, menyediakan diri membantu Pemerintah Kabupaten Karo melobi Pemerintah Pusat untuk mendongkrak kemajuan pariwisata di Karo.

“Jika perlu, saya selaku Komisi I DPD RI akan melobi ke pusat untuk mencari dana agar daerah ini menjadi (tempat penyelenggara) event-event skala nasional, seperti Tour de Sinabung,” ucap Badikenita dalam pertemuannya dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Jumat 5 April 2019, di Coffee Break X/O, Kabanjahe.

Pertemuan itu dihadiri anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting, Ferianta Purba, Kepala Dinas Pertanian Karo Sarjana Purba, Kabid Bina Marga PUPR Mitcon Pu

“Apalagi Kabupaten Karo sebagai kampung halaman saya,” katanya.

Merespons hal itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Karo pada prinsipnya menyambut apapun program yang ditawarkan demi kemajuan Karo.

“Kita welcome apapun program yang ditawarkan kepada Pemkab Karo,” kata Terkelin.

Baca Berita:

Bupati Karo-Layari Sinukaban Dukung Warga Normalisasi Gorong-Gorong

Yonif Simbisa Gelar “Jumat Bersih” di Pajak Kabanjahe dan GBKP Runggun

Menyoal prioritas pariwisata yang disampaikan Badikenita, menurut Terkelin, hal itu perlu pengkajian, hal ini dikarenakan ada ada kawasan pariwisata yang berstatus zona merah Gunung Sinabung.

“Terkait daerah pariwisata yang ditawarkan untuk dihidupkan kembali, menjadikannya lokasi event skala nasional, perlu kita kaji lebih mendalam. Misalnya, Lau Kawar,  daerah ini adalah zona merah (Gunung Sinabung). Walaupun sekarang ini jarang terjadi erupsi. Seandainya ada dana yang bisa disiapkan ke Lau Kawar, kita akan koordinasikan dulu kepada pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG). Jangan nanti kita buat daerah Lau Kawar sebagai tempat pariwisata bagi masyarakat umum, ternyata bertentangan dengan ketentuan PVMBG. Jadi terkait Lau Kawar, saya belum optimis,” ungkap Bupati Karo.

Mengenai objek wisata Tahura Bukit Barisan dan kawasan Tongging, Terkelin menyatakan siap bekerjasama dengan Badikenta Sitepu dalam penyelenggaraan event  skala nasional.

“Jika perlu adminitrasi yang dibutuhkan ibu Badikenita, kita akan berikan. Dengan banyaknya event-event  terlaksana di Kabupaten Karo sudah pasti pariwisata akan menjadi maju,” kata Terkelin. (Rep-01)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *