Bupati Apresiasi Kinerja Bappeda Karo

oleh -1.635 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahaman (kiri) bersama Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis Kementerian PUPR Hadi Sucahyono membahas pembangunan Anjungan Cerdas di Kabupaten Karo, Selasa 9 Januari 2018.

 

Bupati Karo Terkelin Brahaman (kiri) bersama Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Strategis Kementerian PUPR Hadi Sucahyono membahas pembangunan Anjungan Cerdas di Kabupaten Karo, Selasa 9 Januari 2018.

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana memberikan apresiasi kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karo Nasib Sianturi. Apresiasi disampaikan Bupati Karo seusai mengambil surat keputusan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM), Jumat 19 Januari 2018, mengenai pembangunan empat sumur bor air tanah di hunian tetap sementara (Huntara) Desa Sukamaju/Talinkuta, Kecamatan Tiga Panah.

Terkelin mengatakan, awalnya ada permohonan Gereja Batak Kristen Protestan (GBKP) oleh Ketua Moderamen melalui surat nomor : 1782/IVa/2017 tanggal 24 Nopember 2017 ditujukan kepada Bupati Karo tentang permohonan bantuan sumur bor untuk lokasi hunian sementara pengungsi terdampak erupsi gunung sinabung yang dibangun di Desa Sukamaju/Talinkuta.

KLIK: Hunatara Tiga Panah Dibangunkan 4 Sumur Bor Air   

Huntara tersebut rencana akan ditempati sebanyak 50 kepala keluarga (KK), namun belum memiliki sumber air bersih yang layak untuk dikonsumsi.

“Sebagai pemerintah, adanya masukan  masyarakat mengusulkan untuk kepentingan orang banyak, wajib ditindaklanjuti. Bupati Karo menyuruh Kepala Bappeda untuk segera buatkan kajian dan ajukan ke Pemerintah Pusat ke bagian Kementerian  ESDM. Dasar inilah muncul surat Bupati Karo yang ditujukan ke Kementrian ESDM dengan nomor : 050/2513/Bappeda/2017 tgl 28 Des 2017, dan saya tugaskan Nasib Sianturi selaku Kepala Bappeda untuk melobi dan mengkoordinasikan setiap saat kiranya Pemerintah Pusat dapat merealisasikan bantuan pemasangan air bersih sumur bor untuk korban terdampak pengungsi, yang saya usulkan,” ujar Terkelin dalam siaran persnya.

Pengajuan itu akhirnya disetujui Kementerian ESDM. “Atas semua keberhasilan ini, tidak terlepas kepada ASN yang telah bekerja sesuai Tupoksinya. Saya pribadi   cukup puas atas kinerja Nasib Sianturi selaku Kepala Bappeda yang begitu gencar dan tanggap serta mampu melobi pusat. Ini patut saya apreisasi,” kata Bupati Karo.

Bupati kembali mengulang pesannya bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Agar ASN berbasis kinerja. Jika yang berprestasi wajib kita berikan penghargaan, jika salah kita berikan teguran. Inilah akan saya terapkan reward and punishment.   Nah, keberhasilan ini juga tidak luput  atas peran  Ketua Moderamen GBKP, selaku organisasi keagamaan yang selalu membantu Pemda Karo dalam segala bidang  demi kemajuan Tanah Karo,” sebut Terkelin.

Bupati berharap, dengan adanya pembangunan sumur bor membantu beban para pengungsi yang tinggal di Huntara.

“Karena tidak sulit lagi air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Rawat dan jaga sumur bor tersebut nantinya jika sudah selesai dibangun,” imbuh Terkelin Brahmana.   (BAY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *