Bupati: Ini Kado Hari Jadi Kabupaten Karo

oleh -2.405 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menaiki tangga untuk melihat BPT air milik PDAM Tirta Malem. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM Seusai mengikuti acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Karo yang ke-72 tahun, Kamis 8 Maret 2018. Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau Bak Pengatur Tekanan (BPT) air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Malem, di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Berdiri di atas bangunan BPT, Terkelin Brahmana mengungkapkan, ujicoba operasional BPT ke pipa saluran pelanggan PDAM, sebagai kado di Hari Jadi Kabupaten Karo yang ke-72 tahun.

“Inilah kado Hari Jadi Kabupaten Karo ke-72 tahun terhadap masyarakat. Air bersih akan masuk ke rumah penduduk, besok (Jumat 9 Maret 2018) sudah dapat menikmatinya. Sore (Kamis) ini, sudah ujicoba penyalurannya, sekaligus melihat  pipa-pipa yang terpasang tidak bocor lagi,” tegas Terkelin.

KLIK: Ini Kegiatan Bupati Di Hari Jadi Ke-72 Tahun Kabupaten Karo

Bupati Karo didampingi Dirut PDAM Tirta Malem, Arvino Hamsari Nasution, anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting, Kepala Bappeda Nasib Sianturi,  PPK  Balai Wilayah Sungai (BWS) II Medan, Darma Agus, Hastiono, Amiruddin, melihat bangunan dan menyaksikan ujicoba BPT PDAM Tirta Malem.

Terkelin mengungkapkan, daerah Kabupaten Karo khususnya sekitar Kabanjahe sering terjadi krisis air. Walaupun PDAM Tirta Malem sudah berusaha, kata Terkelin, namun sampai saat ini masih banyak laporan keluhan warga terhadap saluran air PDAM Tirta Malem yang macet bahkan  sampai berminggu-minggu.

“Kita ketahui karena sumber mata air yang dikelola PDAM Tirta Malem, tidak dapat mencukupi masyarakat sekitar Kabanjahe. Sebab itu  hari ini adalah sebagai Hari Jadi Kabupaten Karo, maka saya meninjau BPT air dalam rangka ‘commissioning test’ sehingga hari ini dicoba dan dihidupkan untuk penyaluran air ke pipa-pipa menuju Kota Kabanjahe sekitar,” imbuh Terkelin.

Dirut PDAM Tirta Malem, Arvino Hamsari Nasution berharap dengan ujicoba  BPT ini, konsumen tidak lagi mengalami kendala mendapatkan saluran air.

“Ke depan, mudah-mudahan masyarakat Kota Kabanjahe sekitarnya tidak kekurangan air bersih lagi, karena BPT tersebut dapat menampung debet air 30 liter/detik dan mencukupi 2.000 KK,” imbuh Arvino.

Anggota DPRD Karo, Thomas Joverson Ginting mengungkapkan salutnya kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana.

“Bupati Karo setelah memperingati Hari Jadi Kabupaten Karo masih menyempatkan diri memanjat naik ke Bak Pengatur Tekanan air, dan melihat air yang telah tertampung,” ujar Thomas. (Bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *