Bupati Karo-DPRD Sumut Bahas Lanjutan Akses Jalan Karo-Deli Serdang

oleh -1.406 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menerima kedatangan anggota Komisi D DPRD Sumut Baskami Ginting membahas tindaklanjut akses jalan penghubung Kabupaten Karo-Kabupaten Deli Serdang, Jumat 1 Maret 2019, di ruang kerja Bupati Karo. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Komisi D DPRD Sumatera Utara (Sumut) kembali menegaskan komitmennya mendukung akses jalan Kabupaten Karo-Kabupaten Deli Serdang, dari Desa Serdang, Kecamatan Barus Jahe ke Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hilir di Kabupaten Deli Serdang. Komitmen dukungan ini kembali disampaikan anggota Komisi D DPRD Sumut Baskami Ginting kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, dalam pertemuan pembahasan tindaklanjut pembukaan akses jalan kedua kabupaten di Sumatera Utara itu.

Bertempat di ruang kerja Bupati Karo Terkelin Brahmana, Jumat 1 Maret 2019, menerima kedatangan Komisi D DPRD Sumut, Baskami Ginting bersama Kepala UPT Tahura (Taman Hutan Raya) Bukit Barisan Provinsi Sumut Ramlan Barus, Camat STM Hilir Budiman Sembiring. Hadir mendampingi Bupati Karo, Kepala Bappeda Nasib Sianturi Kadis Perhubungan Karo Gelora Fajar Purba, dan Camat Barusjahe Kalsium Sitepu.

Baskami Ginting menuturkan, dirinya beserta Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, telah meninjau akses jalan yang akan menghubungkan kedua kabupaten tersebut.

“Kemarin (Kamis 28 Februari 2019), sudah kami tinjau bersama Komisi D DPRD Sumut dan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan. Karena kemarin, Bupati Karo tidak bisa hadir bersama kami meninjau ke lapangan, karena waktu yang sama ada kegiatan  kunker (kunjungan kerja) Gubsu Edy Rahmayadi ke Karo,” kata Baskami.

Dikatakan Baskami, tindaklanjuti proses pembukaan akses jalan kedua kabupaten, diperlukan persamaan persepsi Pemkab Karo dengan Pemkab Deli Serdang.

“Pesan saya, untuk akses pembukaan jalan Karo-Deli Serdang, kita (Komisi D DPRD Sumut) serahkan pada masing-masing Pemkab. Sedangkan tindaklanjut kami di Komisi D DPRD akan mendorong Pemerintah Provinsi agar dananya ditampung di APBD. Ini sudah bagian tugas Komisi D DPRD. Komisi D DPRD mendukung penuh jalan tembus tersebut. Ini harus diketahui Pemkab Karo dan Pemkab Deli Serdang,” tegas Baskamil.

Baca Berita: Tragedi PETI di Bakan, Evakuasi Gunakan Alat Berat

Dalam pertemuan itu, Baskami mengingatkan kedua Pemkab agar segera menyelesaikan administrasi pembukaan akses jalan kedua kabupaten di Tahun 2019. Hal ini mengingatkan, akses jalan penghubung kedua kabupaten berada di kawasan hutan konservasi.

“Yang penting, selesaikan Tahun 2019 ini segala adminitrasinya terkait  pinjam pakai kawasan hutan. Ini kunci utamanya,” ujar Baskami.

Berita Jalan Karo-Deli Serdang: Akses Jalan Karo-Deli Serdang, Warga dan DPRD Karo Dukung Bupati

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi dukungan Komisi D DPRD Sumut dalam pembukaan akses jalan Karo-Deli Serdang.

“Tidak henti-hentinya Komisi D DPRD terus berjuang membantu kita demi kemajuan Karo khususnya. Kita paham, bahwa harus satukan persepsi agar Komisi D DPRD tidak ragu-ragu lagi dalam memperjuangkan dan bisa lebih ekstra untuk mendobrak pemangku kepentingan lainnya,” kata Terkelin.

Dalam pertemuan itu, Terkelin menitipkan salam untuk Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan kepada Camat STM Hilir, Budiman Sembiring.

“Sampaikan salam saya kepada Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan. Bahwa Pemkab Karo berkomitmen mendukung  jalan tembus ini dapat terhubung Tahun 2019 ini,” kata Terkelin.

Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi menjelaskan, proses pembukaan akses jalan dari Desa Serdang, Kecamatan Barus Jahe ke Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hilir di Kabupaten Deli Serdang, tinggal 3 kilometer lagi. Pembukaan akses jalan terhalang perizinan karena masuk wilayah kawasan hutan lindung dan kawasan hutan konservasi Tahura Bukit Barisan.

“Untuk administrasi, surat Bupati Karo Nomor :050/0217/bappeda /2018 tanggal 24 Januari 2018 sudah kita kirimkan kepada Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Sedangkan ke Gubsu surat Nomor :050/0655/Bappeda/2019 tanggal 20 Februari 2019,” kata Nasib Sianturi.

Kepala UPT Tahura Bukit Barisan Provinsi Sumut, Ramlan Barus dalam pertemuan itu, menegaskan, sudah menerima berkas (surat) pengusulan dari Pemkab Karo.

“Sudah diterima oleh Kehutanan Provinsi, masih dipelajari kelengkapannya. Setahuku berkas tersebut sudah lengkap,’ ujar Ramlan.

Dia juga mengingatkan Pemkab Deli Serdang mengajukan surat sebagaimana yang dilakukan Pemkab Karo.

“Pemkab Deli Serdang seingat saya, belum mengajukan permohonan seperti yang dilakukan Pemkab Karo,” kata Ramlan.

Perwakilan Pemkab Deli Serdang,Camat STM Hilir Budiman Sembiring mengungkapkan, pada prinsipnya Pemkab Deli Srdang senang atas pembukaan jalan tembus tersebut. Zaman dulu hubungan antara masyarakat Deli Serdang dan Karo sudah saling berkunjung.

“Apa yang tadi sudah disampaikan, baik pesan Bupati Karo, Komisi D DPRD, akan saya teruskan kepada Bupati Deli Serdang, agar langkah-langkah dalam pembukaan akses jalan tembus semuanya satu persepsi. Serta apa kekurangan yang harus Pemkab Deli Serdang lengkapi ke depan akan kita sampaikan kepada dinas terkait,” imbuh Budiman. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *