Bupati Karo Kembali Pimpin Pembersihan Gorong

oleh -1.281 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana memimpin pembersihan parit dan gorong-gorong di Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Selasa 20 Maret 2018. [Foto Isy|Rienews.com]

RIENEWS.COM Bupati Karo Terkelin Brahmana, Selasa siang, 20 Maret 2018, memimpin pembersihan gorong-gorong di Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Hal ini dilakukan Bupati Karo lantaran hujan deras menyebabkan sejumlah titik jalan tergenang air. Di antaranya jalan masuk ke area Kantor Bupati Karo.

Bersama para pejabat Pemkab Karo, Terkelin Brahmana memeriksa ruas jalan dan memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan pembersihan parit dan gorong-gorong.

KLIK: Jelang Ramadan, Cagubsu Edy Rahmayadi Ingatkan Pemda Antisipasi Kenaikan Harga Sembako

 

“Air tidak masuk ke dalam parit dan gorong-gorong,” ujar Terkelin di lokasi peninjauan, sekitar pukul 15.50 WIB.

Terkelin menyarankan kepada Dinas PUPR Kabupaten Karo untuk aktif  melakukan pengecekan kondisi parit dan gorong-gorong.

“Pasalnya ini sudah sering dan berulang terjadi jika hujan deras datang mengguyur Kabanjahe. Nah, jangan sempat air tergenang sebatas lutut air  di jalan. Ibaratnya, sudah persis dengan sungai. Ini harus diantisipasi pihak PU PR,” tegas Terkelin.

Kondisi saat ini, menurut Terkelin, akan makin parah bila musim hujan terjadi.

“Untung tidak musim hujan, kalau musim hujan harus selalu bersih-bersih, jika tidak  airnya selalu tergenang. Sudah sepekan terakhir ini tidak ada hujan, akibat ini dinas terkait terlena. Pas hujan lebat dan deras baru sibuk, ke depan saya tidak mau seperti ini,” pungkas Bupati Karo.

Kepala Dinas PUPR, Paten Purba yang turut mendampingi Bupati Karo langsung mengerahkan personel pegawai dan tenaga honor kebersihan untuk melakukan pembersihan parit dan gorong-gorong.

Diakui Paten Purba, kalau intensitas hujan tinggi, jalan menuju masuk Kantor Bupati Kari tergenang air.

“Kemungkinan volume air akibat hujan yang deras tidak tertampung di gorong-gorong ditambah diselokan ada sampah terbawa air dari arah Berastagi menuju Kabanjahe, gorong-gorong tersumbat,” jelas Paten Purba.

Ditegaskannya, apa yang disampaikan Bupati Karo akan dilakukan Dinas PUPR.

“Barusan pegawai menggali lubang sentra air untuk melihat penyebab sumbatnya air, hingga banjir di jalan, melakukan pembersihan.  Ke depan saya akan kontrol terus jalur gorong-gorong tersebut agar tidak sumbat dan air lancar di saat hujan turun nantinya,” pungkas Paten Purba.

Dalam pemeriksaan kondisi jalan di depan Kantor Bupati Karo, Terkelin Brahmana didampingi Asisten I Setdakab Karo Suang Karo-Karo, Kepala Bappeda Nasib Sianturi, dan Kalak BPBD Karo Martin Sitepu. (Bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *