Bupati Karo Sebut Anggaran Pipanisasi PDAM Tirta Malem Rp15 Miliar

oleh -1.276 Kali Dibaca
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela-sela acara Konsultasi Regional Pulau Sumatera Terhadap Penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, di Hotel Adi Mulia, Kota Medan, Selasa 13 Agustus 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan, Pemerintah Kabupaten Karo bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara, untuk perbaikan air bersih PDAM Tirta Malem.

“Menyikapi air bersih dan sanitasi kita sudah bekerja sama Dirjen Cipta Marga Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Utara untuk perbaikan air bersih PDAM Tirta Malem kita. Di mana sudah dianggarkan dana sebesar Rp15 miliar untuk pipanisasi,” kata Terkelin.

Hal ini disampaikan Bupati Karo usai mendengarkan penjabaran Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro saat membuka acara “Konsultasi Regional Pulau Sumatera Terhadap Penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024” di Hotel Adi Mulia, Kota Medan, Selasa 13 Agustus 2019.

Simak Berita Tentang PDAM Tirta Malem

“Kadang kita lupa selain, infrastruktur, kepala daerah harus memperhatikan pembangunan kebutuhan  air bersih dan sanitasi. Jangan dianggap ini dinomorduakan. Sebab kebutuhan air dalam setiap kehidupan kita bersentuhan. Lain halnya, jalan tol belum tentu kita lalui setiap saat,” ujar Menteri Bambang.

Dikatakannya, alokasikan dana 10 persen dari APBD untuk kesehatan, digunakan tepat sasaran, tepat guna.

Baca Berita:

Terdeteksi Hotspot di Labuhan Batu dan Wilayah Provinsi Sumut

5 Tahun ke Depan Pemerintah Pusat Fokus Pembangunan Mebidangro

“Faktanya, jika manusianya sudah sehat, maka dapat difokuskan ke dunia pendidikan  menunjang kualitas dan kuantitas,” sebut Bambang.

Menyikapi hal itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menjelaskan, program pipanisasi PDAM Tirta Malem di Kabupaten Karo, saat ini sedang dalam proses.

“Iya, informasinya sekarang sudah ditenderkan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara. Tahun 2019 ini akan segera dikerjakan, jika pemenang sudah ditayangkan,” kata Terkelin.

“Jadi pesan beliau (Menteri Bambang) agar mengutamakan pembangunan air bersih dan sanitasi. Belum ada tanda-tanda jalan tol Medan-Berastagi akan dibangun, maupun yang lainnya. Tadi belum ada dibahas menjurus ke sana,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *