Bupati Karo Takjub Hasil Padi Sistem ZBNF di Kota Andhra Pradesh

oleh -1.236 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana saat meninjau persawahan di Kota Andhra Pradesh, India, yang menerapkan pola pertannian Zero Budget Natural Framing (ZBNF), Sabtu 23 Maret 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kepala Dinas Pertanian Karo Sarjana Purba dan delegasi Indonesia di hari keempat program Zero Budget Natural Framing (ZBNF) di Kota Andhra Pradesh, India, Sabtu 23 Maret 2019, meninjau langsung lokasi pertanian, persawahan dengan sistem ZBNF. Terkelin takjub dengan hasil penerapan sistem pertanian ZBNF untuk padi.

“Saya kagum melihat padi hasil program ZBNF. Padi terlihat sangat berisi dan agak besar menandakan berat padi cukup standar. Terbilang sukses bagi petani di Andhra Pradesh. Jika ditimbang, beratnya tidak mengecewakan,” kata Terkelin saat meninjau persawahan bersama pimpinan ZBNF di Kota Andhra Pradesh.

Menurut Terkelin, para petani di Andhra Pradesh sejak awal menanam tidak menggunakan pupuk kimia.

“Semuanya murni menggunakan (menerapkan sistem) ZBNF mangadopsi teknologi,m enjauhkan  para petani dari penggunaan bahan-bahan kimia dalam kegiatan agrikultural,” sebut Terkelin.

Baca Berita: Warga Apresiasi “Sabtu Bersih” Yonif 125/Simbisa Perbaiki Infrastruktur

Dengan penerapan sistem pertanian ZBNF, para petani di Kota Andhra Pradesh terhindar dari biaya tinggi, seperti membeli bahan kimia. Pola pertanian ZBNF juga dinilai ramah lingkungan.

“Fakta-fakta ini telah dibuktikan para petani Andhra Pradesh sejak Tahun 2016 dengan mengimplementasikan program ZBNF melibatkan 40 ribu petani. Kemudian Tahun 2018 jumlah petani menjadi 523 ribu. Hasilnya sangat menakjubkan dengan program  ZBNF. Produksi padi di Andhra Pradesh dapat ditingkatkan sampai 15 persen, sehingga petani India tidak khawatir lagi akan kebutuhan beras dan rugi saat panen tiba,” tutur Terkelin.

Baca Berita: Bupati Karo Siapkan 98 Hektar Lahan Ujicoba Pertanian Sistem ZBNF

Bupati Karo meyakini penerapan sistem pertanian ZBNF dapat diterapkan di Kabupaten Karo.

“Informasi yang kita dapatkan, ada beberapa poin keuntungan penerapan program ZBNF. Hal ini jika diterapkan di Kabupaten Karo, petani kita akan menjadi hebat. Sebab keuntungan ZBNF yakni mampu memulihkan kesehatan dan kesuburan tanah, serta mewujudkan keseimbangan ekologi tanah, Membentuk petani mandiri yang mampu meneliti dan menjadi ahli di lahannya sendiri. Tidak tergantung pada pupuk dan pertisida kimia buatan pabrik yang semakin mahal dan terkadang langka,” sebut Terkelin.

Bupati Karo menambahkan, dari penerapan sistem pertanian ZBNF dapat memproduksi beras yang sehat, rendemen tinggi, serta tidak mengandung residu kimia, dan mewariskan tanah yang sehat untuk generasi mendatang.

“Yang lebih menarik, dapat membuka lapangan kerja di pedesaan, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan pendapatan keluarga petani,” tandas Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *