Dinilai Taman Kota Sukses, Bupati Karo Perbanyak Ruang Hijau

oleh -1.434 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana (2 kiri) meninjau lokasi lahan kosong di sekitar Puskesmas Kabanjahe, Selasa 10 Juli 2018. [Foto Rienews.com]

RIENEWS.COMTaman Kota Kabanjahe dinilai sukses, digandrungi warga untuk berolahraga dan aktivitas lainnya. Bupati Karo Terkelin Brahmana meminta Dinas Pertamanan dan Bappeda Karo membuat Ruang Taman Hijau (RTH) seperti Taman Kota Kabanjahe.

Hal ini diungkapkan Bupati Karo saat melihat lokasi lahan kos yang berada di belakang Puskesmas Kabanjahe, berdekatan dengan gedung Akbid Pemkab Karo, Senin 10 Juli 2018.

Bupati meminta Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kabid Pertamanan Karo Baron Kaban, manfaatkan lahan kosong tersebut menjadi RTH.

“Jangan biarkan tanah kosong ini menjadi tempat semak belukar tumbuh yang terbengkalai tak karuan. Kita itu harus kreatif dan inovatif jika lihat hal seperti ini,” ujar Terkelin Brahmana.

Baca Berita: Usai Panen, Warga Karo Gelar Gendang Guroguro Aron

Berita Populer: Bisnis Galian C Marak di Zona Merah Gunung Sinabung

Bupati Karo didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kabid Pertamanan Karo Baron Kaban, Sekretraris Dinas Kesehatan Nikodemus Ginting, dan Kepala Puskesmas Kabanjahe Lapan Tarigan, Selasa 10 Juli 2018, meninjau lokasi.

“Bappeda berkolaborasi dengan Kabid Pertamanan agar membuat program dan perencanaan supaya tanah ini kedepan agar dibuatkan Ruang Taman Hijau seperti Taman Kota Kabanjahe,” ujar Bupati Karo.

Bupati menyebut Taman Kota Kabanjahe kini dimanfaatkan warga sebagai lokasi berolahraga, bersantai ria.

“Nah dengan yang sudah ada contoh, kenapa lahan kosong ini tidak kita manfaatkan. Tahun 2018 sudah siap, agar masyarakat sekitar dapat menikmati taman seperti Taman Kota Kabanjahe,” kata Bupati Karo.

Bupati meminta agar dilakukan pengukuran lahan, hitung biaya dengan murah, dan sesuai kepentingan masyarakat.

“Agar taman ini sekaligus menjadi taman obat, ketika orang yang berobat ke Puskesmas, bisa sembuh dengan melihat indahnya alam sekitar dan dapat beristirahat di taman ini,” kata Bupati Karo.

Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi mengatakan akan menghitung berapa besaran anggaran untuk Ruang Taman Hijau.

“Seperti yang disebutkan pak bupati  untuk luas lahan Kabid Pertamanan akan mengukurnya, baru nanti dapat kita hitung biaya. Dengan mengedepankan murah meriah, tapi terlaksana wacana impian tersebut dapat terwujud program yang diwacanakan bupati,” ujar Nasib.

Menanggapi instruksi Bupati Karo, Kabid Pertamanan Baron Kaban mendukung rencana RTH.

“Pada prinsipnya pertamanan sangat mendukung wacana yang digulirkan Bupati Karo. Hal ini terwujud maka taman kota kedua akan terbangun setelah Taman kota Kabanjahe dekat gedung DPRD Karo, sudah kami tata,” kata Baron.

Menurut Baron, jika dibangun di atas seluas lebih kurang 2.000 meter persegi, diapreaisasi oleh masyarakat.

“Saya juga berharap program pak bupati ini mudah-mudahan cepat terbangun, karena manfaatnya banyak untuk masyarakat,” tegas Baron. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *