Gempa Ambon, BNPB Data Korban Meninggal Dunia 20 Orang

oleh -385 Kali Dibaca
Dampak kerusakan gempa Ambon, 6,8 SR yang terjadi Kamis 26 September 2019. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Kamis sore, 26 September 2019, menyebutkan korban meninggal dunia akibat dampak gempa  yang mengguncang Kota Ambon, Provinsi Maluku, mencapai 20 orang meninggal dunia, dan korban luka ratusan warga.

Update: BNPB Ralat Jumlah Korban Meninggal Gempa Maluku Jadi 19 Orang

Gempa dengan magnitude 6,8 terjadi pada Kamis 26 September 2019, sekitar pukul 06.46 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam data terbaru (update) menyatakan, pusat gempa bumi berada pada koordinat 3.38 derajat lintang selatan dan 128.43 derajat bujur timur dengan magnitudo 6.5 pada kedalaman 29.9 kilometer.

Gempa bumi susulan terjadi pukul 07.39WIB, pusat gempa bumi berada pada koordinat 3.63 derajat lintang selatang dan 128.36 derajay bujur timur dengan magnitudo 5.6 pada kedalaman 10 kilometer, berjarak 18 kilometer timur laut Ambon, Maluku.

Baca Berita:

APBD-Perubahan Karo Tinggal Diteken Gubsu Edy Rahmayadi, Tapi…

Danyonif Simbisa Dukung Polres Tanah Karo Berantas Penyakit Masyarakat

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Kamis sore, menyatakan, total korban meninggal dunia dalam gempa Ambon, mencapai 20 orang.

Korban tersebar di beberapa daerah, di  Batu Kuda Tial, di Desa Liang, di Desa Waai, dan di kaswasan Waisamu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Sedangkan korban alami luka (ringan, berat) mencapai seratusan warga.

“Enam orang luka ringan di Kampung Iha Desa Liang.  Kurang lebih 100 orang luka-luka akibat gempa di Desa Liang. Satu orang luka berat di Desa Waisama Kabupaten Seram Bagian Barat atas nama Jono,” kata Agus Wibowo.

Dampak gempa Ambon menyebabkan sekitar 2.000 warga mengungsi. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *