Gempa Tasikmalaya, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

oleh -1.321 Kali Dibaca
Monitor gempabumi BMKG

 

Monitor gempabumi BMKG

RIENEWS.COM – Gempabumi mengguncang Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Jumat 15 Desember 2017, pukul 23.47 WIB. Gempa juga dirasakan warga DKI Jakarta.

Informasi yang dirangkum rienews.com, BMKG pada Sabtu dinihari, 16 Desember 2017, mengeluarkan peringatan dini Tsunami: Pemutakhiran Peringatan Dini Tsunami di JABAR, JATENG, DIY, Gempa Mag:6.9SR, 15-Dec-17 23:47:58WIB, Lok:7.75LS,108.11BT,Kdlmn: 107 Km.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami Muhamad Riyadi meminta masyarakat agar tidak panik dengan adanya peringatan dini tsunami.

“Peringatan dini tsunami ini tolong jangan panik dulu. Warga yang rumahnya retak-retak, jangan dulu ditempati, mungkin gempa susulan,” ujar Muhammad Riyadi dalam wawancara di Breaking News TV One, Sabtu 16 Desmeber 2017, pukul 00.45 WIB.

Ditegaskan Riyadi, pusat gempa berada di kawasan Tasikmalaya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dampak gempabumi terdapat rumah ambruk di daerah Tasikmalaya Selatan, Kecamatan Cikalong dan Kecamatan Tibalong.

Gempa dengan kekuatan 6,9 SR dengam pusat gempa 11 km barat daya Kab Tasikmalaya pada kedalaman 107 km pada Jumat, 15 Desember 2017 Pkl. 23.47.57 WIB.

“Korban jiwa nihil,” jelas Sutopo dalam pernyataan pers yang diterima wartawan, Sabtu dinihari.

Gempabumi dirasakan kencang hingga 10 detik di Provinsi Jawa Barat, mengakibatkan masyaraklt panik keluar rumah.

Sementara di Provinsi DIY, sebut Sutopo, gempa dirasakan kencang atau kuat hingga 20-30 detik. Masyarakat panik namun tidak keluar rumah dan menghubungi pihak BPBD. belum ada dampak,” kata Sutopo.

“Hingga saat ini BPBD Provinsi masih berkoordinasi dengan BPBD kota/kabupaten wilayah masing-masing. Masih dilakukan pemantauan,” jelas Sutopo. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *