Ijeck Ungkap Ide Layanan Mobil Pembersih Masjid Gratis

oleh -1.278 Kali Dibaca
Ketua Yayasan Haji Anif, Musa Rajekshah (kiri). [Foto Ist|Rienews.com]

 

Ketua Yayasan Haji Anif, Musa Rajekshah (kiri). [Foto Ist|Rienews.com]
RIENEWS.COM – Pernah melihat Mobil Pembersih Masjid melintas di lingkungan Anda, atau sedang membersihkan masjid di pemukiman Anda.

Mobil Pembersih Masjid gratis tersebut merupakan layanan gratis yang dilakukan Yayasan Haji Anif, dan telah dikenal banyak kalangan, terutama pengurus masjid di Provinsi Sumatera Utara.

Namun, bagaimana awal mula layanan ibadah itu diwujudkan Yayasan Haji Anif, tidak banyak yang mengetahuinya.

KLIK: Perintah ‘Meneduhkan’ Cagubsu Edy Rahmayadi Kepada Tim Pemenangan

Ketua Yayasan Haji Anif, Musa Rajeksah (Ijeck) mengungkapkan ihwal lahirnya layanan Mobil Pembersih Masjid gratis itu.

Kepada jamaah Tabligh Akbar di Masjid Raya, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Minggu 18 Februari 2018, putra sulung Haji Anif  tersebut membeberkannya.

Ijeck menuturkan, saat itu Haji Anif sering melakukan perjalanan dari Kota Medan ke Tapanuli Selatan.

“Dalam perjalanan sering solat di Sidimpuan. Ada beberapa masjid yang berdebu karpetnya. Lalu ayah kami punya ide. Jadi simpel saja memang kasusnya,” ungkap Ijeck, saat ini maju dalam Pilgub Sumut berpasangan dengan mantan Pangkostrad Letjen (Purn) Edy Rahmayadi.

Kini, kata Ketua Yayasan Haji Anif itu, dengan 35 unit mobil, layanan pembersihan masjid gratis telah menjangkau 12 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, pihak yayasan juga memiliki tiga unit mobil jenazah.

Tak disangka, ide sederhana Haji Anif ditiru oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

“Ide ini kemudian ditiru Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia. Saat ini kalau tak salah ada 300 mobil pembersih masjid yang dibuat Jusuf Kalla dan disebar ke seluruh Indonesia,” ujar Ijeck.

Sementara Koordinator Yayasan Haji Anif (YHA) Siantar-Simalungun, Dicky Damanik mengungkapkan, akan memaksimalkan layanan mobil pembersih masjid tersebut di wilayah Kota Pematangsiantar-Simalungun.

“Saat ini sudah mencakup wilayah Siantar-Simalungun,” ujar Dicky Damanik.

Layanan yang diberikan Yayasan Haji Anif mendapat apresiasi Pemerintah Kota Pemantangsiantar. Hal ini ungkapkan Staf Ahli Wali Kota Pematangsiantar, Khaidir Sitompul menyebutkan layanan tersebut sangat baik, dengan tujuan  menjadikan rumah ibadah selalu bersih dan nyaman bagi jamaah atau masyarakat yang beribadah.

“Apa yang dilakukan menjadi inspirasi bagi siapapun. Semoga ke depan, banyak pihak lain yang juga membuat hal serupa,”kata dia.  (IST)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *