Ini Tips Jaga Kesehatan Bupati Karo di Masa Pagebluk Covid-19

oleh -49 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Barhmana menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendonorkan darah di RSUD Kabanjahe, Sabtu 21 November 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana tetap melakukan donor darah, meski di masa pandemi Covid-19. Sabtu siang, 21 November 2020, Terkelin Brahmana mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, untuk menjalani donor darah.

Aksi sosial donor darah ini menjadi hal rutin dilakukan Terkelin Brahmana. Meski di masa pandemi Covid-19, Terkelin menegaskan, donor darah tetap dilakukannya.

“Mendonorkan darah di masa pandemi Covid-19, untuk menjaga kesahatan, sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” ucapnya.

Menurut Terkelin, di masa pagebluk Covid-19 yang masih berlangsung, menjaga kesehatan tubuh harus menjadi perhatian utama. Salah satunya, sebut Terkelin, dengan cara mendonorkan darah.

Terkelin beralasan, kekentalan darah dapat menimbulkan penyakit.

Baca Berita:

BNPB Evaluasi Penanganan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pengungsi  Gunung Sinabung

Temui Menteri Sosial, Bupati Karo Ajukan Tiga Permohonan Bantuan Ini

“Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, kesehatan tubuh tetap kita perhatikan. Kekentalan darah dianggap dapat menimbulkan suatu penyakit. Antisipasinya, dengan caranya kita rajin melakukan donor darah, sehingga terjadi perubahan siklus darah di tubuh kita. Ini mengurangi risiko penyakit jantung. Donor darah bisa dilakukan secara berkelanjutan. Secara rutin atau secara berkala. Nah, tinggal masyarakat pilih yang mana, yang penting kebugaran tubuh tetap terjaga dengan baik dan memperhatikan pola hidup yang sehat. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati,” jelasnya.

Bupati Karo mengajak masyarakat untuk mendonorkan darah, selain menjaga kesehatan diri sendiri, juga turut andil dalam misi kemanusiaan.

“Di masa pandemi ini, prosedur pendonoran darah oleh tim medis tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Direktur RSUD Kabanjahe Arjuna Wijaya menyebutkan melakukan donor darah  secara rutin merupakan program menjaga kesehatan yang baik dan benar.

“Hal ini meningkatkan daya tahan tubuh, jika darah secara rutin atau berkala didonorkan,” ucapnya.

Arjuna menegaskan, para pendonor darah tidak perlu khawatir, karena tim medis melalukan prosedur pemeriksaan kesehatan calonp pendonor, sebelum pengambilan darah dilakukan.

“Mulai dari pemeriksaan tekanan darah dan kadar hemoglobin. Bupati Karo merupakan pendonor donor darah  yang tercatat selalu secara rutin mendonorkan darah  per enam bulan. Ini seusai data administrasi di buku pendonor darah,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *