Jalan Jalur Evakuasi Sinabung Di Desa Kuta Rayat Diperbaiki

oleh -1.432 Kali Dibaca
Dari kanan-Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Sariati Sitompul berfoto di salah satu wilayah evakuasi dengan latar Gunung Sinabung, Minggu 18 Maret 2018. [Foto Ist|Rienews.com]

RIENEWS.COM Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis menegaskan di tahun 2018 ini, akan dilakukan perbaikan jalan jalur evakuasi Sinabung berada di Desa Kuta Rayat, Kecamatan Naman Teran.

Hal itu disampaikan Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana saat meninjau jalur evakuasi, Minggu 18 Maret 2018.

Riadil mengaku dirinya baru pertama kali ini meninjau jalur evakuasi Sinabung, di Desa Kuta Rayat, Kecamatan Naman Teran berbatasan dengan Kabupaten Langkat.

KLIK: Cagubsu Edy Rahmayadi: Pemprovsu Perlu Alokasikan Anggaran Untuk Heritage  

“Jalan ini mungkin paling lama bulan September tahun 2018 ini, akan dijamah dan diperbaiki oleh Pemerintan Provinsi Sumatera Utara dengan anggaran APBD,” kata Riadil.

Disebutkan Riadil, jika kondisi jalan jalur evakuasi sudah dalam kondisi baik, waktu tempuh bagi warga dalam evakuasi akan lebih cepat.

“Nah, jika sudah diperbaiki, tidak akan sulit lagi dilewati. Maka jarak tempuh 5 kilometer  dapat ditempuh dengan waktu 10 hingga 15 menit. Ini sangat menguntungkan bagi masyarakat sekitar Gunung Sinabung sebagai jalur evakuasi tercepat di saat Gunung Sinabung mengamuk,” ucap Riadil.

Rencanan perbaikan jalan jalur evakuasi Sinabung yang disampaikan Kepala BPBD Sumatera Utara langsung direspons Bupati Karo.

“Mudah-mudahan tahun ini 2018 sudah kelir semua. Sehingga membantu jalur cepat evakuasi jika gunung Sinabung mengancam jiwa masyarakat sekitar di luar zona merah,” kata Terkelin Brahmana didampingi istri, Sariati Sitompul. (Bay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *