Jelang Berangkat ke India, Terkelin-Dosmar Sepakat Tingkatkan Ekspor Pertanian

oleh -1.349 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Kepala Dinas Pertanian Karo Sarjana Purba, Kepala Bidang Sumber Daya Alam Kemenko Kemaritiman, dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Utara, dr. Hadijah Lubis, Selasa 19 Maret 2019, bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Andhra Pradesh, India. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor komitmen meningkatkan ekspor hasil pertanian di kedua kabupaten. Komitmen ini terjalin di antara kedua pimpinan daerah di Provinsi Sumatera Utara, itu jelang keberangkatan ke Andhra Pradesh, India, untuk mengikuti pelatihan program Zero Budget Natural Farming (ZNBF) bidang pertanian alami dengan biaya nol, digelar hingga 25 Maret 2019.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Kepala Dinas Pertanian Karo Sarjana Purba,  Kepala Bidang Sumber Daya Alam Kemenko Kemaritiman, dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Utara, dr. Hadijah Lubis, Selasa 19 Maret 2019, bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Andhra Pradesh, India.

Dalam pertamuan itu, Terkelin Brahmana dan Dosmar Banjarnahor berbincang soal pertanian di kedua kabupaten.

“Kami berdua sepakat, selalu kompak melakukan ekspedisi pengiriman keluar negeri berupa  hasil pertanian Kabupaten Humbang Hasundutan dan hasil pertanian Kabupaten Karo. Ini barusan kami bicarakan, akhirnya menghasilkan satu komitmen serta kesepakatan secara lisan, belum tertulis,” ujar Terkelin.

Baca Berita: Purnomo Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Taksonomi Tumbuhan UGM

Berita Pertanian Karo Klik Di Sini

Dijelaskan Terkelin, dirinya dan Bupati Humbahas meningkatkan kerja sama pertanian.

“Nanti lebih lanjut kita koordinasikan bersama Pak Bupati Humbang. Pada prinsipnya tanaman hortikultura, dari Karo misalnya kol dan jagung, sedangkan Humbang bisa saja nanti kopi,” imbuh Terkelin.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menambahkan sepakat menjalin kerja sama dengan Pemkab Karo.

“Pertemuan ini sangat luar biasa. Kami sepakat ke depan menjalin kerja sama antar kedua kabupaten ini yang terkenal dalam bidang pertanian terlebih tanaman hortikultura,” kata Dosmar.

Menurut Dosmar, kesuburan tanah di kedua kabupaten terbukti sehingga Pemerintah Pusat melalui Kemenko Kemaritiman mengikutisertakan Pemkab Karo dan Pemkab Humbahas dalam pelatihan program ZBNF di India.

“Saya tegaskan kembali, ke depan Karo dan Humbang akan bersinergi selalu dalam ekspor tanaman hortikultura. Dari Humbang kopi dan kemenyan, ini yang kita jalin. Tadi Pak Bupati Karo sudah setuju. Dan komitmen kami bersama ini akan kita wujudkan,” pungkas Dosmar. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *