Kata Wabup Soal Program Pendidikan Tanoto Foundation di Karo

oleh -3.207 Kali Dibaca
Wakil Bupati Karo Cory S. Sebayang membuka kegiata program pendidikan yang diprakarsai Tanoto Foundation, Senin 17 September 2018. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Wakil Bupati (Wabup) Karo Cory S. Sebayang menegaskan Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation penting dan relevan menjawab tantangan masa datang.

”Program ini akan fokus pada peningkatan mutu guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah di jenjang pendidikan dasar SD/MI,dan SMP/MTs. Program ini cukup serius dalam mempersiapkan sumber daya sekolah untuk menjadi dasar pendidikan anak-anak kita sebelum naik ke jenjang berikutnya,” ungkap Wabup Karo Cory.

Pernyataan tersebut disampaikan Cory S. Sebayang saat membuka “Sosialisasi Program Pelita Pendidikan Praktik Baik Dalam Pembelajaran dan Manajemen Berbasis Sekolah” yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Karo, Senin 17 September 2018.

Baca Berita: Cerita Untung Petani di Awal Panen Cabai di Karo

Kegiatan dihadiri anggota DPRD Karo Mansur Ginting dan Sarijon Bako, Sekretaris Dinas Pendidikan Irwanganti Tarigan, Kantor Kementrian Agama Karo Muksin Batubara, perwakilan dari Tanoto Foundation Fian Falopi, Yusri Nasution, Arifin Raymond L Tobing, Rimbananto, Dwi Ratih Yuliningrum, Jefri Sipayung, Hanas Tosis Tindaon, Mutazar, Abdy Imanuel Sinulinga, Evan Sugiharto, dan para kepala sekolah mitra, guru fasilitator, dan pengawas sekolah.

Wakil Bupati Karo menghimbau kepada para peserta program Tanoto Foundation. Khusus kepada kepala sekolah, sebut Cory, mengubah gaya kepemimpinan yang lebih trasnparan akomodatif dan lebih berorientasi kepada mutu pendidikan.

Kepada para guru untuk lebih aktif dan inovatif dalam cara mengajar. Sedangkan pengawas sekolah agar semakin rajin mengunjungi sekolah dan tidak hanya sekadar mengawasi tetapi justru lebih banyak membantu kepala sekolah dan guru agar fokus pada dunia pendidikan.

“Guru yang luar biasa akan mampu menghasilkan generasi muda yang hebat dan kita harus yakin bahwa pelatihan guru akan menjadi gelombang masa depan bagi Indonesia dengan tujuan akhir menjadikan siswa sebagai anak di masa depan,” pungkas Wakil Bupati Karo.

Perwakila dari Tanoto Foundation, Fian Falopi menjelaskan tujuan utama dalam Program Pelita Pendidikan adalah untuk meningkatkan kualitas, mutu pendidikan dasar melalui pengembangan praktik-praktik baik dalam pembelajaran, manajemen dan kepemimpinan sekolah,  mendukung pemerintah daerah dalam menyebarluaskan praktik-praktik baik ke sekolah sekolah di daerah masing masaing, mendukung lembaga pendidikan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu guru.

“ Fokus utama program ini adalah peningkatan hasil belajar siswa melalui  perubahan proses pembelajaran yang lebih aktif dan perubahan lewat kepemimpinan, manajemen, dan peran serta masyarakat. Oleh karena itu kami mengajak para kepala sekolah dan pengawas untuk terlibat dalam program ini,” jelas Fian Falopi.

Disebutkannya, di Kabupaten Karo terdapat 24 sekolah mitra dan 32 guru fasilitator dalam Program Pelita Pendidikan dari Tanoto Foundation. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *