Kelanjutan Sister City Zundert-Karo, Bupati Ajukan Program 4 Ini

oleh -1.997 Kali Dibaca
Kolase foto pergelaran festival bunga di Kota Karo (kiri) dan Kota Zundert, Belanda. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Melanjutkan kerja sama Sister City¸Kota Zundert-Kota Karo, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengajukan empat program bidang menindaklanjuti kerja sama kedua kota yang sudah terjalin sejak 2007.

Empat program bidang kerja sama kedua kota itu tertuang dalam surat yang dikirimkan Pemkab Karo kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kota Den Haag, Belanda.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengakui sudah menandatangani surat kelanjutan kerja sama Kota Zundert-Kota Karo, yang dikirimkan ke Kedutaan Besar RI di Den Haag.

“Sudah saya tanda tangani,” kata Terkelin.

Bupati berharap surat yang dikirim Pemkab Karo, menindaklanjuti surat Pemerintah Kota Zundert melalui Kedutaan Besar RI di Den Haag, kerja sama Sister City berlanjut.

“Dengan adanya surat tanggapan kita ini, mudah-mudahan apa yang selama ini terjalin dalam Sister City akan berlanjut, dan dalam bidang yang belum terjalin kerja sama seperti yang tadi kita tawarkan ada empat bidang lagi, pertanian, kesehatan, penanggulangan bencana alam, dan perencanaan. Harapan kami  mendapat respons dari Pemerintah  Zundert di Belanda,” kata Terkelin.

Berita Terkait:

Parlindungan Ingatkan Bupati Karo Soal Sister City Zundert-Karo

“Selanjutnya, kita akan menunggu jawaban dari Pemerintah Zundert dalam kerja sama Sister City ini. Ada informasi kita akan sampaikan lagi ya,” pungkas Terkelin.

Kepala Bagian Otonomi Daerah (Kabag Otda) Karo, Robinson Brahmana mengungkapkan, Surat Nomor 119/2650/Otda/2019 tanggal 10 Juli 2019, ditujukan kepada Kepala Perwakilan Kedutaan Besar RI di Den Haag.

Surat penawaran program kerja sama itu ditandatangani Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela-sela agenda Rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 di Gedung DPRD Karo, Rabu 10 Juli 2019.

Baca Berita:

Dua Kali Gagal, Paripurna LKPj APBD 2018 Karo Digelar

HUT Bhayangkara ke-73, Bupati Karo Bacakan 5 Perintah Presiden

“Kita tetap apresiasi dan mendukung secara berkesinambungan Sister City Zundert-Karo, sebab ini merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi untuk menjalin hubungan dan pada  umumnya punya persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi,” kata Robinson.

Dijelaskannya, kerja sama kedua kota telah diperpanjang dalam Memorandum Of Understanding (MoU), dokumen No.B-00160/DenHaag/160428, Tahun 2016. Kesepahaman kerja sama kedua kota meliputi pariwisata, perdagangan, pendidikan serta IPTEK.

“Selain di atas, Pemda Karo menawarkan penambahan (program kerja sama) Sister City melalui surat yang barusan  kita kirimkan. Yakni, dalam hal pertanian, kesehatan, penanggulangan bencana alam dan perencanaan,” ungkap Robinson. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *