EKBIS, KARO  

Kepala BNPB Doni Monardo Akui Cita Rasa Kopi Karo

Kepala BNPB Doni Monardo didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Karo Terkelin Brahmana, menyerahkan penggiling kopi kepada petani kopi merupakan korban relokasi dampak erupsi Gunung Sinabung, Jumat 18 Oktober 2019. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Cita rasa kopi arabika Karo kian populer. Kepala Badan Nasional Penanggulangan  Bencana (BNPN) Letjen Doni Monardo mengakui kenikmatan rasa kopi Karo.

Di sela acara peletakan batu pertama pembangunan hunian tetap (Huntap) Tahap III di Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Jumat pagi, 18 Oktober 2019, Doni Monardo meneguk kopi Karo.

Cita rasa kopi Karo pun disinggung Kepala BNPB dalam sambutannya.

“Kita bersyukur karena KabupatenKaro memiliki hawa sejuk. Selain itu, memiliki andalan komoditas yang saat ini tidak dapat saya lupakan yaitu kopi Karo,” tutur Doni.

“Kopi ini sungguh terasa nikmatnya. Ini (kopi Karo) harus kita populerkan. Bahwa kopi Karo layak di internasionalkan,” ungkapnya.

Baca Berita Kopi Karo

Dalam kunjungannya, Kepala BNPB Doni Monardo menyerahkan alat penggiling kopi untuk pemberdayaan ekonomi masyakarat yang direlokasi. Doni berharap perekonomian masyarakat  dapat segera kembali pulih, salah satunya dengan bertanam kopi.

Seorang petani kopi yang juga warga yang direlokasi akibat dampat erupsi Gunung Sinabung, Gerga menuturkan dirinya bersama suami kini menanam kopi. Meski awalnya sulit.

“Sulit ketika bercocok tanam pertama kali, tapi kami mencoba untuk menikmati apa yang kami peroleh,” ungkap Gerga.