Kota Medan Banjir, 6 Orang Dilaporkan Hilang, Ketinggian Air Hingga 5 Meter

oleh -294 Kali Dibaca
TRC BPBD Kota Medan saat melakukan evakuasi warga terdampak banjir. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM –  Empat kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara, dilanda banjir dengan ketinggian air 3 meter hingga 5 meter. Banjir terjadi di Kecamatan Medan Maimun, Medan Johor, Medan Sunggal dan Kecamatan Medan Tuntungan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati menyebutkan, banjir di empat kecamatan di Kota Medan, terjadi Kamis malam, 3 Desember 2020, menyebabkan sebanyak 5.965 jiwa terdampak banjir.

“Banjir terjadi akibat intensitas hujan tinggi, menyebabkan meluapnya Sungai Deli, Sungai Babura dan Sungai Denai. Empat kecamatan yang terdampak banjir, Kecamatan Medan Johor, Kecamatan Medan Maimun, Kecamatan Medan Sunggal, dan Kecamatan Medan Tuntungan,” ujar Raditya.

Baca Berita:

Tinjau Pemasangan Box Culvert, Terkelin Mendapat Apresiasi Warga Desa Raya

Disaksikan Wakil Ketua KPK, Gubsu-Bupati Karo Teken MoU Integrasi Tax Clearance

Melansir laman bnpb.go.id, Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Kota Medan melaporkan terdapat enam orang hilang dan lebih kurang 1.983 unit rumah terendam.

BPBD Kota Medan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan kaji cepat serta evakuasi warga terdampak. Dilaporkan telah ada 181 jiwa yang sudah berhasil dievakuasi, antara lain 50 jiwa anak-anak, 38 jiwa balita, 67 jiwa orang dewasa, dan 26 jiwa orang lanjut usia.

Hingga Jumat 4 Desember 2020, pukul 08.30 WIB, air belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Berdasarkan analisis melalui InaRISK, Kota Medan merupakan salah satu wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan tingkat kerawanan sedang hingga tinggi dengan 21 kecamatan yang berpotensi terdampak bahaya tersebut.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang. (Red)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *