Masa Darurat Corona, Bupati Karo Jamin Ketersediaan Sembako

oleh -249 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahaman melalukan sidak ke Pusat Pasar Kabanjahe. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Ketua DPRD Iriani  Tarigan dan Kapolres AKBP Yustinus Setyo Indriono melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pusat Pasar Kabanjahe, Jalan Kapten Bangsi Sembiring, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Bupati menjamin ketersediaan bahan pokok dan harga stabil di masa siaga darurat virus corona.

“Saya sudah menugaskan Dinas Perdagangan Kabupaten Karo untuk memantau, mengendalikan keadaan kebutuhan pokok di pasar-pasar. Tetap dikendalikan, tidak ada yang bermain dengan menaikkan harga,” tegasnya.

Sementara itu Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono memperingatkan ada ancaman hukuman pidana bagi pelaku penimbunan barang.

“Sudah diatur dengan jelas dan tegas dalam Pasal 29 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. Pelaku Usaha yang menyimpan barang kebutuhan pokok dan/atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga, dan/atau hambatan lalu lintas perdagangan barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp50 miliar,” tegas Kapolres.

Baca Berita: 

1.155 Orang Positif Corona, Korban Meninggal Menjadi 102 Orang

Polsek Mardinding Ringkus Dua Pemadat dan Seorang Pengedar Ganja

Sidak yang dilakukan Bupati Karo, Ketua DPRD Karo dan Kapolres Tanah Karo, pada Jumat 27 Maret 2020, turut diikuti Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo, Martin Sitepu, Asisten Administrasi Umum Mulianta Tarigan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Edison Karokaro, Kepala Dinas Perhubungan Gelora Fajar Purba, Kasatpol PP  Hendrik Philemon Tarigan.

Martin Sitepu dengan menggunakan pengeras suara, mengimbau warga yang berada di Pusat Pasar Kabanjahe untuk menjaga jarak. Martin menyarankan para pedagang untuk menyediakan hand sanitizer.

Ditegaskannya, dalam masa tanggap daruat penanganan virus corona, Pusat Pasar Kabanjahe akan tetap buka.

“Pusat pasar tetap dibuka, tapi interaksi pedagang dan pembeli maupun antar pembeli harus berjarak satu meter,” katanya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *