Masalah Tapal Batas Desa Sukamaju-Kacinambun, Bupati Minta Warga Kedepankan Kearifan Lokal

oleh -998 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama sejumlah pejabat Pemkab Karo meninjau kondisi jalan di Desa Sukamaju, Kecamatan Tiga Panah, Rabu 11 September 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana meminta warga Desa Sukamaju dan Desa Kacinambun, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, mengedepankan kearifan lokal dalam penyelesaian tapal batas kedua desa.

Terkelin menegaskan, tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.

“Sebenarnya soal tapal batas desa itu hanya menyangkut tertib administrasi pemerintahan. Namun demikian, semua ada aturannya, ada acuan yang menjadi mekanisme yang harus dipatuhi. Seperti Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa, dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,” ujarnya.

Hal ini disampaikan Bupati Karo Terkelin Brahmana saat meninjau Desa Sukamaju bersama Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kepala Dinas Pertanian Metehsa Karokaro Purba, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Paksa Tarigan,  Camat Tiga Panah Data Martina br Ginting,  Kabag Tapem Caprilus Barus, Plt Kepala Dinas LHK, Liasma br Ginting, Kapolsek Tigapanah AKP R Simanjorang dan Danramil 02/Tiga Panah, Kapten Arh Marno.

Baca Berita:

Membangun Kawasan Danau Toba dan Gunung Sinabung Berbasis Spiritualitas

Sosok Mayat Pria Ditemukan Tewas di Terminal Atas Kabanjahe

Sedangkan menyoal permasalahan Desa Sukamaju dengan Mujianto (pengusaha), Terkelin menyatakan, akan difasiliitasi Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rijal.

“Mari kita semua saling berkoordinasi dan bersinergi. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan,” tegas Terkelin, di lokasi peninjauan Desa Sukamaju, Rabu 11 September 2019.

Camat Tiga Panah Data Martina br Ginting mengatakan, sebagai wakil pemerintah di tingkat kecamatan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada warga di kedua desa.

“Karena ini menyangkut tapal batas antar kedua desa, maka kecamatan yang akan fasilitasi dengan mengundang semua pihak dari kedua desa juga Pemkab Karo yang seyogianya tadi, hari ini, dilaksanakan di aula Kantor Camat.  Namun karena ada pertemuan hari ini bersama Bapak Bupati di Desa Sukamaju, maka dijadwalkan kembali dilakukan rapat Kamis depan,” tuturnya.

Kepala Desa Sukamaju Bahagia Ginting mengapresiasi kunjungan Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama sejumlah pejabat Pemkab ke desanya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *