MUI Medan dan Rumah Zakat Bentuk Mitra Rumah Zakat

oleh -93 Kali Dibaca
Ketua Umum MUI Kota Medan, Dr. Hasan Matsum, M.Ag., bersama Ketua Perwakilan Rumah Zakat Sumut, M Yunus Azis, S.Pd.I., menandatangai pembentukan Mitra Rumah Zakat MUI Kota Medan, Sabtu 13 November 2021. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM –  Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Kota Medan dan Rumah Zakat Sumatera Utara sepakat membentuk Mitra Rumah Zakat MUI Kota Medan.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatangan kerja sama oleh Ketua Umum MUI Kota Medan, Hasan Matsum  bersama Branch Manager Rumah Zakat Cabang Medan, M Yunus, pada Sabtu 13 November 2021.

Hasan Matsum mengungkapkan, keberadaan Mitra Rumah Zakat MUI Kota Medan penting dibentuk untuk membangun kepedulian terhadap umat dan kebutuhan-kebutuhan umat khususnya fakir miskin, dhuafa, dan umat yang butuh bantuan.

Baca: Kata Ustadz Somad Tentang Bang Ijeck: Kalau Udah Pawang Yang Ngomong Sejuk Hati Warga Tu

“Alhamdulillah sudah terbentuk satu lembaga unit pengumpul zakat. Karena memang MUI secara kelembagaan tidak memiliki potensi modal keuangan, jadi dengan Mitra Rumah Zakat ini diharapkan umat bersama MUI mampu mengumpulkan dana membantu umat, khususnya muslim yang lemah dalam perekonomiannya,” tutur Hasan didampingi Waketum MUI Medan, Burhanuddin Damanik, Sekum MUI Medan M Syukri Albani Nst dan Ketua Komisi Ziswaf MUI Medan, Suherman.

Dijelaskannya, dengan kerja sama ini akan memperkuat posisi dan potensi umat Islam, populasinya tercatat hampir 62 persen di Kota Medan.

Baca Juga: Dukun ‘Genderuwo’ di Batubara Diciduk Polisi

Dia menambahkan, umat Islam punya kepedulian yang kuat dalam hal membangun kekuatan umat secara bersama-sama. Maka, pasti umat Islam yang lemah dalam perekonomiannya bisa terangkat kualitasnya dan bisa menjadi modal pembangunan ke depan melalui anak-anak yang bisa dididik.

“Anak-anak mereka yang kurang mampu itu tidak dipedulikan, khawatir kita ini bukan menjadi modal pembangunan tapi jadi beban pembangunan. Pada hal, potensi-potensi anak muda tahun 2040 menjadi bonus demografi. Ini menjadi seperti dua mata pisau. Bisa bermanfaat dan bisa juga melukai. Oleh karena itu dibutuhkan arahan dan mereka diberi kekuatan untuk sekolah sehingga menjadi modal pembangunan,” imbuh Hasan.

Dia meneguhkan, dengan bersatunya umat membantu perekonomian umat Islam lainnya, akan menjadi nilai lebih untuk mengangkat martabat umat Islam.

“Dan ini bisa dilakukan bersama-sama. MUI hanya bisa membangun lembaga ini, dan kita maksimalkan fungsi Mitra Rumah Zakat menjadi media penyalur zakat, infaq sedekah dalam membangun kualitas umat di Kota Medan,” tegasnya.

Ketua Komisi Ziswaf MUI Medan, Suherman yang nantinya pengendali Mitra Rumah Zakat MUI Kota Medan, menyatakan inisiasi ini bertujuan memotivasi pengurus MUI Kota Medan baik di kecamatan untuk berbagi rezeki kepada umat Islam Kota Medan.

“MUI tidka hanya menerima, tapi juga memberi. Karena ini melengkapi dakwah kita selama ini, serta memberi contoh kepada masyarakat untuk mendonasikan zakatnya yang nantinya diberikan kepada umat yang layak dibantu,” pungkasnya. (Rep-03 | Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *