Pemkab Karo Kini Dilengkapi Command Center

oleh -142 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Cory S. Sebayang meresmikan Command Center, Kamis 7 November 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kini memiliki Command Center, ruang berbasis teknologi informasi (IT) yang dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, monitoring, e-budeting, lelang pengadaan barang dan jasa secara elektronik, hingga musyawarah perencanaan pembangunan. Keberadaan Command Center ini  makin mengukuhkan Karo sebagai Smart City.

“Command Center ini merupakan terobosan inovatif Pemerintah Kabupaten Karo dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan dan meningkatkan sistem administrasi pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat (elektronic –government), sekarang disebut dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik  (SPBE) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018,” kata Bupati Karo Terkelin Brahmana saat peresmian Command Center, Kamis 7 November 2019, di Kantor Bupati Karo.

Lebih lanjut Terkelin menyatakan, Command Center merupakan ruangan yang lengkap dengan infrastruktur berbasis IT, data dan sistem informasi yang terintegrasi dalam data center untuk mendukung pengambilan keputusan, monitoring, koordinasi dan mengontrol seluruh tindakan yang diperlukan sebagai respons terhadap segala permasalahan. Juga, tindakan tanggap darurat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan dan langkah penyediaan informasi publik.

Baca Berita:

Sudako Berpenumpang Belasan Pelajar Terbalik di Depan Kantor Bupati Karo

Polisi Tembak Pemilik 8,5 Kg Ganja

“Pembangunan Karo Command Center ini adalah komitmen Pemerintah Kabupaten Karo dalam memberikan efisiensi, efektivitas, transparansi dan peningkatan kualitas layanan publik. Dalam Command Center inilah semua layanan publik dan layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik akan terintegrasi,” tegasnya.

Diungkapkannya, dengan adanya Command Center maka Pemerintah Kabupaten Karo meningkatkan pelayanan berbasis eletronik mulai dari e-planning,  e-Musrenbang, Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) Keuangan, e-budgeting, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), sistem informasi manjemen kinerja pegawai atau e-performance, sistem informasi manajemen absensi pegawai atau e-Absensi, sistem pelaporan masyarakat secara elektronik atau E-Lapor, sistem pelayanan perizinan secara elektronik dengan menggunakan aplikasi Si-Cantik dan layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik dengan seluruh Kementerian/Lembaga Negara atau dikenal dengan Online Single Submission (OSS).

“Hal yang penting lainnya adalah bagaimana Command Center untuk memberikan akses informasi yang berasal dari masyarakat. Sehingga Command Center ini harus menjadi sarana untuk mendekatkan masyarakat dengan pemerintah, dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah dapat melakukan kontrol terhadap pelayanan yang dilakukan sehingga layanan publik akan berjalan dengan maksimal,” katanya.

Dalam acara peresmian Command Center itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana telekonferensi  dengan Camat Tiga Panah dan Camat Berastagi. Ujicoba perangkat di Command Center itu disaksikan Wakil Bupati Cory S. Sebayang, Sekda Kamperas Terkelin Purba, Asisten III Mulianta Tarigan, Staf Ahli Bupati  Mulia Barus, Kepala BKKBN Seruan Sembiring, Kalak BPBD Karo Martin Sitepu, Kepala Telkom Kabanjahe, Samsul Anwar Tarigan. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *