Pemkab Karo Peringati Hari Anak Nasional

oleh -153 Kali Dibaca
Wakil Bupati Karo Cory S. Sebayang membuka acara peringatan Hari Anak Nasional di Taman Menjuah-Juah, Berastagi. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, memperingati Hari Anak Nasional 2019 yang digelar di Taman Mejuah-Juah, Berastagi. Peringatan Hari Anak Nasional 2019 kali ini mengangkat tema: Wujudkan Pengasuhan Berkualitas dan Berbasis Hak Anak Dimulai dari Keluarga.

Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang dalam pembukaan peringatan Hari Anak Nasional 2019, menyatakan, peringatan yang di setiap tahunnya sebagai upaya menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh-kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.

“Ini merupakan momentum yang penting untuk menggugah keramahan dan kepedulian terhadap Anak agar anak menjadi pewaris bangsa yang berkualitas,” kata Cory dalam pembukaan peringatan Hari Anak Nasional, Rabu 13 November 2019.

Dikatakannya, anak merupakan aset bangsa, harapan bagi majunya negara di masa mendatang.

Baca Berita:

Pasca Aksi Bomber, Polres Tanah Karo Tingkatkan Kewaspadaan

Bupati Karo Ungkap Pesan Presiden Jokowi di Rakornas Indonesia Maju

“Sehingga seluruh komponen bangsa baik keluarga, masyarakat, pemerintah maupun swasta berkewajiban untuk menyiapkan anak menjadi anak yang baik, cerdas, ceria, sehat dan memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa kita. Saya berharap peringatan HAN  (Hari Anak Nasional) ini mempunyai gaung yang luas dan daya ungkit yang tinggi untuk meningkatkan komitmen kita dalam rangka pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Karo,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Karo  Hartawati Tarigan menyatakan, tujuan peringatan HAN Karo ini untuk meningkatkan kepedulian dan mengajak seluruh orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah  untuk melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab sebagaimana yang ditetapkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Ketua PKK Kabupaten Karo Sariati Terkelin Brahmana dalam sambutannya, menekankan agar budaya membaca pada anak ditingkatkan.

“Literasi membaca buku harus digiatkan karena ini sangat bermanfaat bagi orang tua atau para guru tetap diarahkan ke anak-anak terkhusus ke tingkat PAUD. Dan mari kita bersama-sama ciptakan sekolah ramah anak,” ujarnya.

Pujiati Ginting anggota DPRD Karo mengimbau semua orang tua agar membimbing anak-anak  agar menjadi generasi penerus bangsa, khusus kebanggaan orang tua.

“Jadi mari luangkan waktu kita untuk membimbing anak-anak kita, agar terbiasa dengan kedisplinan. Bisa menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat,” katanya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *