Pemkab Karo Serahkan Traktor Kepada Kelompok Tani

oleh -2.986 Kali Dibaca
Dinas Pertanian Kabuoaten Karo melalui Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan, Rosta Perangin-angin (kiri) menyerahkan tiga unit traktor merk Quick A 360, dengan empat roda kepada tiga kelompok tani dari Kecamatan Lau Baleng dan Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat 27 April 2018. [Foto Rienews.com]

RIENEWS.COMPemerintah Kabupaten Karo menyerahkan tiga unit traktor kepada kelompok tani (Poktan) dari Kecamatan Lau Baleng dan Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Alat mesin pertanian (Alsintan) berupa traktor itu merupakan bantuan Kementerian Pertanian. Traktor merk Quick A 360, dengan empat roda diserahkan Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsintan, Rosta Perangin-angin, Jumat 27 April 2018, di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Karo.

Rosta mengatakan kelompok tani yang menerima traktor melalui tahap seleksi, dan sesuai permohonan kelompok tani yang diajukan.

“Ini sudah melalui tahap seleksi dan sesuai permohonan kelompok tani yang diajukan sesuai persyaratan yang dilengkapi kepada Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian  Sri Idah Bangun,” ujar  Rosta.

KLIK: Korban Tewas Sumur Pengeboran Minyak Jadi 21 Orang

Dikatakannya, ketiga traktor tersebut nantinya digunakan petani untuk melaksanakan kegiatan pertanian, meningkatkan produktivitas.

Dijelaskan Rosta, penerima traktor melalui Unit Penerima Jasa Alsintan (UPJA) melalui kelompok tani.

“Sesuai data dan petunjuk Kabid Sarana dan Prasarana yang berhak menerima bantuan tersebut Kelompok Tani UPJA Desa Mbal-Mbal Nodi, UPJA Maju Bersama Rambah Tampu, keduanya Poktan Kecamatan Lau Baleng, dan  satu lagi diterima  UPJA/Poktan Juma Buluh Ajinembah Kecamatan Merek,” imbuh Rosta.

Rosta menegaskan, penyerahan traktor bantuan dari Kementerian Pertanian itu tidak dipungut biaya.

“Tidak ada, ini sama sekali biaya tidak ada dipungut, karena ini bukan pinjam pakai, tapi sepenuhnya sudah tanggungjawab kelompok tani, baik pengelolaannya dan kerusakan seterusnya sudah tanggungjawab Poktan yang menerima,” imbuhnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengungkapkan adanya program Dinas Pertanian Kabupaten Karo tersebut pasti  membantu kelompok tani.

“Yang benar-benar mampu mengelola yang mendapatkan bantuan traktor tersebut,” ujar Bupati Karo di sela pertemuan dengan Dewan Pimpinan Pengurus Tertinggi  Asosiasi Profesor Doktor Hukum Indonesia ( DPPT OPDHI) dan para OPD di Rumah Dinas Bupati Karo.

Ditambahkannya, bantuan alat pertanian itu, bisa betul-betul dimanfaatkan. “Kita upayakan berikan pada pihak yang representatif lahannya untuk menggunakan traktor ini,” tegas Terkelin Brahmana. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *