Pengamat UMSU: Peluang Edy-Musa Besar Menangi Pilgubsu

oleh -1.490 Kali Dibaca
Hasil lembaga survei pada Pilgubsu 2018.

 

Hasil lembaga survei pada Pilgubsu 2018.

RIENEWS.COMLima lembaga survei dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018, telah merilis hasil surveinya. Empat lembaga survei, menyimpulkan, pasangan calon (Paslon) nomor urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah lebih berpeluang memenangkan Pilgubsu pada 27 Juni mendatang.

Sementara lembaga survei Indo Barometer lebih mengunggulkan pasangan calon Djarot Hidayat-Sihar Sitorus.

Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Shohibul Anshor Siregar berpendapat, Paslon Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (ERAMAS) punya kans besar memenangkan Pilgubsu 2018.

KLIK: Sejak Kemarin Pelajar SMPN 1 Payung Alami Kesurupan, Ini Perintah Bupati Karo

“Menurut hemat saya, peluang Edy-Ijeck (Musa) cukup besar mengingat rivalnya tidak memiliki waktu yang cukup untuk sosialisasi dan karena fakta Djarot baru datang dang langsung mau jadi gubernur, resistensi cukup besar dari semua lapisan,” kata Shohibul, Kamis 29 Maret 2018.

Kordinator n’Basis itu, menggarisbawahi perbedaan hasil kajian lembaga survei.

Pertama metode, dan kedua perbedaan kepentingan. “Bisa juga ada faktor ketiga, yakni metode dan kepentingan,” sebut Shohibul.

Dia mengakui, dari data yang ada tidak terjelaskan oleh survei seberapa besar pengaruh faktor-faktor nonelektoral seperti money politic, kecurangan, manipulasi perhitungan suara, dan lain-lain terhadap hasil Pilgubsu 2018.

“Sebab, siapapun bisa curang dalam hal ini termasuk penyelenggara,” katanya.

Lembaga survei Median merilis hasil survei dilaksanakan pada 15-25 Januari 2018, menempatkan pasangan ERAMAS 33,1 persen, pasangan Djarot-Sihar meraup 19,2 persen.

Indo Barometer dari survei yang dilakukan 4 hinga 10 Februari 2018,   menempatkan pasangan Djarot-Sihar unggul 27,8 persen, sedangkan pasangan Edy-Musa mendapati 27,4 persen.

Sementara lembaga survei LSPP yang melakukan kajian pada 18-27 Februari 2018. Pasangan Edy-Musa berada di angka 42,7 persen, Djarot-Sihar mendapatkan 19,14 persen.

Hasil lembaga survei CEPP USU, menyebut pasangan ERAMAS meraup 49,08 persen, pasangan Djarot-Sihar 30,31 persen.

Lembaga survei Stratak Indonesia, menempatkan pasangan ERAMAS unggul 36,91 persen, sedangkan Djarot-Sihar 24,71 persen. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *