Petani Jeruk Karo Alami Serangan Hama Lalat

oleh -1.809 Kali Dibaca
petani jeruk karo sedang memeriksa buah jeruk dari serangan hama lalat. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Petani jeruk di tiga kecamatan Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dilanda serangan  hama lalat. Dampak hama menyebabkan buah jeruk para petani rusak, dan perkembangan buah tidak stabil.

Serangan hama dialami para petani di Desa Kabantua, Kecamatan Munte, Desa Manuk Mulia, Kecamatan Tigapanah, dan Desa Ergaji, Kecamatan Merek.

Edar Tarigan, petani jeruk asal Desa Kabantua, Kecamatan Munte, mengungkapkan, kondisi serangan hama lalat buah sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir.

Akibat serangan hama, banyak buah jeruk milik petani rusak.

Baca Berita Pertanian Karo Di Sini

“Semua jeruk yang kena lalat buah ini langsung rusak. Terus jatuh ke tanah karena busuk,” tutur Tarigan, Rabu 24 Juli 2019.

Dia menjelaskan, serangan hama lalat buah ini terjadi saat hama hinggap di buah jeruk.

Baca Berita:

Polres Tanah Karo Gelar Razia Sepekan

Histeris Keluarga Rizki Sambut Kehadiran Tim Basarnas Medan

“Bagian bawah badan lalat melakukan serangan, seperti suntikan kepada buah jeruk. Sehingga membuat jeruk berlubang dan merusak buah jeruk, mengakibatkan buah jeruk busuk dan berakhir jatuh dari pohonnya,” kata Tarigan.

Dari pengamatannya, hama jenis lalat betina serangannya lebih merusak, tidak seperti hama lalat jantan.

“Kalau lalat jantan cuma bikin busuk buah jeruk saja. Sementara lalat betina dapat berkembangbiak di dalam buah jeruk. Saat buah jeruk jatuh, pas kita buka terlihat telur atau anak lalat di dalamnya,” pungkasnya.

Para petani jeruk mengharapkan bantuan pemerintah dalam mengatasi hama lalat yang sudah lama dialami para petani jeruk. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *