Ruminansia akan Didirikan di Merek

oleh -1.800 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau lahan yang akan dijadikan lokasi peternakan oleh Dinas Pertanian Karo. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo, Terkelin Brahmana didampingi Kadis Pertanian, Sarjana Purba, dan Camat Merek, Tomi Heriko Marulitua meninjau lahan Pemkab Karo seluas 30 hektare di Desa Nagara Kecamatan Merek Senin 18 September 2017.

Kadis Pertanian Sarjana Purba  dilapangan menjelaskan kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, saat ini dinas Pertanian sudah membuat rencana kegiatan kedepan akan memanfaatkan lahan Pemkab Karo tersebut dengan membuat pengembangan pembibitan hewan ruminansia kecil, dimana ruminansia adalah  kelompok hewan mamalia yang bisa memah (memakan) dua kali, sehingga kelompok hewan tersebut dikenal juga sebagai hewan memamah biak. .

“Sebagai Contoh ialah kerbau, domba, kambing, sapi, kuda, jerapah, kancil, rusa dan binatang lainnya. Sedangkan yang akan digalakkan oleh dinas Pertanian  sesuai rencana anggaran adalah dalam  pengembangan ruminansia  berupa Kambing, dengan membutuhkan  lahan seluas 2 hektare, disamping itu  dibutuhkan untuk menunjang persediaan makan Kambing, maka disiapkan lahan 3 hektare sebagai  menanam  rumput guna keperluan makanan kambing . Agar  tumbuh dibiarkan  selama 3 bulan , baru tahap selanjutnya  disiapkan kandangnya, kemudian tahap selanjutnya lagi  menyediakan induk  jantan, dan betina kambing, dengan perbandingan 1:10  dalam arti kata betina 30 ekor maka jantannya 3 ekor untuk  memenuhi kuota pembibitan tahap awal dimulai,  sesuai anggaran yang ada,” terangnya.
Terkelin Brahmana menyatakan, terkait pengolahan lahan aset Pemkab karo yang akan digunakan Dinas Pertanian sangat menyambut positif program dan ide yang digagas oleh Kadis Pertanian tersebut. Hal ini adalah kerja yang kreatif, dan inovatif, seperti ini seharusnya SKPD yang lainnya bekerja dalam tupoksinya. Karena itu saya selalu mendorong SKPD untuk bekerja cepat, dan tanggap, sehingga saya turun kelapangan untuk melihat lahan yang akan dikelola nanti,  jika demikian sangat baik dan semua termanfaatkan baik dari segi lahan karena lahan terpakai tidak menjadi lahan tidur.

Ditambahkan Terkelin dengan adanya program  yang dibuat oleh Dinas Pertanian Karo, sangat mendongkrak kebutuhan daging di Karo, dan kedepan dalam jangka 1 tahun ruminansia kambing akan berproduksi, dan sudah bisa menjadi PAD Karo tinggal membuat Perda atau Perbub nya, untuk bisa dijual kepada masyarakat dengan membuat tabel indek harga perekor. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *