Semarak Hari Kartini, Pemkab Karo Gelar Berbagai Kegiatan

oleh -1.770 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana melepas peserta lomba jalan santai di halaman Kantor Bupati Karo, Jumat 26 April 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini, 21 April 2019. Sejumlah kegiatan yang melibatkan kaum perempuan digelar di Pemkab Karo, Jumat 26 April 2019.

Ketua Panitia Hari Kartini, Sariati Terkelin Brahmana mengatakan, kegiatan yang digelar merupakan bentuk penghormatan kepada Raden Ajeng Kartini, tokoh emansipasi perempuan Indonesia.

Disebutkan Sariati, kegiatan yang digelar khusus diikuti kaum perempuan, seperti lomba pidato, lomba memasak, jalan santai, yang diikuti peserta dari berbagai profesi dan  organisasi.

“Rasa ungkapan ini kita tunjukkan melalui lomba gerak jalan santai, lomba membuat makanan dan minuman, lomba pidato. Khusus  peserta kaum perempuan dari berbagai kalangan, profesi, perkumpulam dan organisasi,” kata Sariati.

Adapun para peserta berasal dari PKK Kabupaten Karo, Dharma Wanita, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), HKBP, GBKP, Persit Kodim, Bhayangkara, Persit Yonif 125/Simbisa, Gadasri, GKPI, Himpaud, GKPS, dan Ikatan Wanita Bank Rakyat Indonesia (IWABRI).

Bupati Karo Terkelin Brahmana pada kesempatan itu, mengucapkan Selamat Hari Kartini.

Baca Berita:

UGM-ICCTF Kembangkan Budidaya Padi Kombinasi Metode SRI-Teknologi

Bupati Karo Hadiri Peringatan HKB Dipimpin Dandim Karo

“Pemkab Karo mengucapkan Hari Kartini walaupun sudah lewat diperingati, bukan berarti mengurangi makna saat sekarang ini. Lomba ini adalah wujud bagi ibu-ibu semuanya mengimplementasikan sebagai rasa penghormatan kepada tokoh Raden Ajeng Kartini  bagi kaum perempuan dalam  mendapatkan kesetaraan hak perempuan dan laki-laki di masa lalu. Kaum perempuan bisa menjadi generasi yang tangguh dan berakhlak mulia. Perempuan yang tahu menempatkan diri sesuai dengan kodratnya,” kata Terkelin.

Tim Panitia, Etti Suang Karokaro mengatakan, acara ini untuk menggugah kembali semangat kaum perempuan yang sejak dulu sudah ikut berperan aktif dalam  pemerintahan.

“Acara ini untuk menggugah kembali semangat kaum perempuan yang sejak dulu sudah ikut berperan dalam pemerintahan. Selain itu tujuan kesehatan sudah tentu dalam gerak jalan ini,” ujar Etti.

Lomba jalan santai sepanjang 3 kilometer melalui digelar dari garis start di Kantor Bupati Karo dan finis di Gedung DPRD Karo,

Peserta gerak jalan dilepas Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty br Sebayang, Ketua TP. PKK Karo Sariati Terkelin Brahmana, Ketua Persit Kodim 0205 /TK, Ketua Persit Yonif 125/Smb, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Hartawaty Tarigan, dan Kadispora Robert Peranginangin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *