Sestama BNPB dan Bupati Karo Tinjau Lokasi Huntap Tahap 3 di Siosar

oleh -1.581 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana (kiri) mendampingi Sestama BNPB Dody Ruswandi (tengah) meninjau lokasi pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Tahap III di Siosar, yang diperuntukkan bagi korban terdampak erupsi Gunung Sinabung, Jumat 13 April 2018. [Foto Rienews.com]

RIENEWS.COMHunian tetap (Huntap) tahap 3 bagi korban terdampak erupsi Gunung Sinabung, tahun ini akan dibangun untuk 1038 kepala keluarga (KK). Pembangunan Huntap dilakukan di Desa Sigarang-Garang, Mardingding, Sukanalu, dan Dusun Lau Kawar, di Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dengan luas lahan lebih kurang 70 hektar.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Utama (Sestama) BNPB, Dody Ruswandi saat melakukan peninjauan lokasi pembangunan Huntap Tahap III, Jumat 13 April 2018.

Dalam peninjauan itu, Dody Ruswandi didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, Sekretaris BPBD Provinsi Sumatera Utara Sabrina Tarigan, Asisten I Setdakab Karo Suang Karo-Karo, Kalak BPBD Martin Sitepu, Kasi BPBD Karo Nius Ginting.

Saat peninjauan, Dody meminta segera dibuatkan by name, by address sesuai Surat Keputusan Bupati Karo.

“Segera buatkan by name, by address sesuai SK Bupati Karo lalu minggu depan kalau bisa sudah kita terima SKnya oleh BNPB, agar diproses sesuai ketentuan, supaya segera akan dibangun tahun 2018 ini,” tegas Dody.

KLIK: Lazada Bantu Bisnis Wirausahawan di #UpgradeUKM Kota Medan

Dikatakannya,  yang penting saat ini BPBD Karo lengkapi administrasi terkait pembangunan Huntap Tahap III tersebut.

“Aar jangan ada permasalahan dikemudian hari, kita tidak inginkan itu. Kedatangan saya melihat lokasi tersebut apakah secara fisik sudah siap dilakukan pembangunan , selain administrasinya” imbuh Sestama BNPB Dody Ruswandi.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menyebutkan untuk pembangunan Huntap Tahap III, Pemkab Karo  pada prinsipnya sudah siap.

“Terkait yang disinggung Sestama BNPB tadi, untuk by name by address sudah saya instruksikan Asisten I Pemerintahan Suang Karokaro berkoordinasi dengan Kalak BPBD agar segera membuatkan SKnya, dan paling lambat Senin depan, sudah saya bawa ke BNPB,” kata Bupati Karo.

Terkelin menyatakan, semoga di tahun ini pembangunan Huntap Tahap III  segera dibangun.

“Mudah-mudahan tahun 2018 ini  segera dibangun Huntap Tahap III. Pastinya belum tahu bulannya, kira -kira 5 bulan ke depan mungkin sudah mulai dibangun, “ ujar Terkelin.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada BNPB. “Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak Sestama BNPB, yang sudah menyempatkan diri ke Siosar untuk meninjau lokasi Huntap Tahap III. Sekaligus singgah ke Huntap I di Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat meliputi Desa Gamber, Kutatonggal Ras Berastepu, sebanyak 95 KK  dan Desa Kutatonggal sebanyak 67 KK, ingin menyapa masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung. Dan pak Sestama BNPB sempat menampung keluhan masyarakat Huntap I di Desa Surbakti terkait listrik yang memiliki pemasangam daya per rumah terpasang 1300 VA,” beber Terkelin.

Daya listrik dengan 1300 VA, kata Terkelin, sangat memberatkan setiap keluarga, .

“Keluhan tersebut langsung direspons oleh Pak Sestama BNPB dan akan melaporkan keluhan tersebut kepada Kepala BNPB, setelah bincang  dengan masyarakat,” imbuh Bupati Karo.

Turut mendampingi kunjungan Sestama BNPB Dody Ruswandi dan Bupati Karo,  Camat Simpang Empat Amsah Perangin-angin, Camat Naman Teran Dwi Kora Sitepu, Sekdes Desa Surbakti Mahlon Surbakti. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *