Terkelin: Dana Tunjangan DPRD Karo akan Dirapel

oleh -1.600 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana meneken surat tugas untuk Inspektorat Pemkab Karo mengusut praktik ilegal dan pungutan liar galian C.

 

Bupati Karo Terkelin Brahmana meneken surat tugas untuk Inspektorat Pemkab Karo mengusut praktik ilegal dan pungutan liar galian C.

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan pencairan dana tunjangan DPRD Karo sejak Agustus hingga November akan dirapel. Hal itu disampaikan Terkelin saat menerima kedatangan anggota DPRD Karo di ruang kerjanya.

Kepada utusan DPRD Karo, Jhon Karya Sukatendel dan Jiddin Ginting, Bupati Karo  membantah tudingan pencairan dana tunjangan terlampau lama, adanya dugaan kesalahan teknis dalam penerbitan Perbup.

Baca: Tanyakan Pencairan Dana Tunjangan, DPRD Karo Temui Bupati

Dijelaskannya, Perda yang sudah disahkan DPRD Karo  pada  Juli 2017 maka Per- 1 Agustus 2017 seharusnya tunjangan sudah dapat dicairkan.

“Hanya karena Perbup belum siap saat itu, maka per Agustus 2017 hingga sampai bulan (November) ini, belum dapat dicairkan. Sehingga semuanya akan dirapel  pencairan jika Perbup sudah ditetapkan atau sejak tanggal diundangkan nantinya, istilahnya clear and clean,” ujar Terkelin.

Menurut Terkelin, perubahan dalam tunjangan DPRD Karo yaitu tunjangan alat kelengkapan.

“Ada juga sistem penanggung jawaban biaya operasional Dewan itu dulu-kan at cost, sekarang 20% at cost. Jadi sekarang lebih nyaman,” kata Terkelin dalam pertemuan dengan dua anggota DPRD Karo, Jhon Karya Sukatendel dan Jiddin Ginting, Kamis 9 November 2017.

 Kenaikan tunjangan tersebut meliputi, rumah jabatan, rumah dinas, hingga kendaraan dinas.

“Bahkan bila pimpinan DPRD tidak memakai kendaraan dinas, mereka akan mendapat uang transportasi, juga ada tunjangan komunikasi . Jadi banyak sekali fasilitas-fasilitas baru yang kemudian diberikan kepada mereka. Yang jelas untuk operasional yang mereka impikan 80% itu istilahnya dilumsum (dibayarkan sekaligus),” ungkap Terkelin.  (BAY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *