UMY Gelar Workshop Film di Kalangan Kumintas Seni Desa Sumber

oleh -1.402 Kali Dibaca
Ilustrasi

RIENEWS.COM – Dua dosen Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Budi Dwi Arifianto, S.Sn., M.Sn dan Zein Mufarrih Muktaf, S.IP., M.I.Kom., menggelar kegiatan Workshop Film bagi komunitas film dan seni di Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Workshop Film merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan menggali potensi desa melalui media film, yang digelar sejak 16 Februari 2019 hingga 2 Maret 2019.

Kedua dosen UMY berkeinginan, kemampuan dan kreativitas komunitas film dan seni di Desa Sumber dapat meningkat dengan harapan bisa sekaligus mengangkat potensi desa melalui media film.

Peserta yang menghadiri kegiatan sejak awal, kata Budi, ditantang melakukan acara pemutaran film dengan gaya open air cinema pada hari terakhir workshop, Sabtu 2 Maret 2019.

Baca Berita: Bupati Karo Hadiri Pembukaan Pertikarada 2019 Sibolangit

Open air cinema atau orang Indonesia sering menyebutnya dengan layar tancap adalah salah satu cara ekshibisi film selain bioskop atau pemutaran film alternatif,” ujar Budi Dwi Arifianto.

Berita UMY: Ini Pesan Buya Syafi’i di Tahun Politik 2019

Workshop juga diisi oleh para aktivis komunitas film yang sudah berprestasi di tingkat nasional seperti Bowo Leksono dari Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, Insan Indah Pribadi dari Sangkanparan Cilacap, dan Citra Dewi Utami dari ISI Surakarta.

“Kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai Workshop Film saja, melainkan berkembang menjadi Festival Film. Teman-teman di Desa Sumber menyepakati adanya follow up dari kegiatan ini yakni digelarnya Festival Film Desa,” sebut Zein Mufarrih Muktaf.

Kegiatan tersebut  diikuti bukan hanya dari komunitas film di Desa Sumber saja, melainkan juga pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), kelompok PKK, Sanggar Seni, dan Komunitas Forum Anak Desa Sumber. (Rep-04)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *