Usai Dilanda Banjir, Warga Desa Semangat Gunung Bersih-bersih

oleh -1.095 Kali Dibaca
Buruknya sistem drainase mengakibatkan banjir di Jalan Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumtaera Utara, akibat luapan air hujan. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Banjir melanda Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Hujan deras yang melanda Desa Semangat Gunung, Kamis 18 April 2019, menjadi pemicu terjadinya banjir. Desa Doulu di Kecamatan Berastagi juga dilanda banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Martin Sitepu menyatakan, saat ini, Jumat 19 April 2019, penanganan pascabanjir bandang di Desa Semangat Gunung dilakukan. Dia menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir bandang melanda Desa Semangat Gunung.

“Untuk sementara masyarakat secara swadaya telah melakukan pembersihan. Dalam waktu dekat kita akan mengerahkan alat berat dari Dinas PU Pemkab Karo. Perlu pengerukan dan pemindahan material yang menimbun di parit, jalan, dan sejumlah areal perladangam warga,” ujar Martin Sitepu saat meninjau ke lokasi banjir bandang bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo, Natanail Perangin-angin, Camat Merdeka Oberlin Sembiring, dan Danramil Simpang Empat, Kapten J. Surbakti.

Baca Berita:

CfDS UGM Ungkap Tiga Ancaman Siber Pemilu 2019

Bupati Karo Nyoblos di TPS 1 Terminal Bawah

Disebutkan Martin, banjir yang melanda kawasan desa tersebut kerap terjadi dalam kurun waktu lma sampai tujuh tahun.

“Sesuai keterangan penduduk setempat, banjir seperti ini, biasanya terjadi disekitar lokasi antara lima sampai tujuh tahun sekali,” ucap Martin.

Danramil Simpang Empat, Kapten J. Surbakti mengatakan, banjir di kawasan Gunung Sibayak,  menyebabkan sejumla lahan pertanian warga terendam air.

“Banjir bandang kiriman dari areal hutan perbukitan Gunung Sibayak juga merusak jalur suplai air bersih warga desa. Dampak banjir bandang juga terimbas ke desa hilir, yakni Desa Doulu,” imbuh Surbakti. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *