Ini Pesan Gubsu Diperesmian Terminal Tipe B Modern Kabanjahe

oleh -89 Kali Dibaca
Gubsu Edy Rahmayadi disaksikan Bupati Karo Terkelin Brahmana meresmikan Terminal Tipe B Modern Kabanjahe, Selasa 16 Februari 2021. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meresmikan Terminal Tipe B Modern Kabanjahe, Selasa 16 Februari 2021 Sarana pendukung transportasi darat ini diharapkan menjadi model percontohan untuk menunjang pengembangan kawasan agrowisata di sekitarnya.

Dalam sambutannya di acara peresmian tersebut, Gubsu menyampaikan rencana awal memfokuskan pembangunan terminal tipe B ini mengingat Kabupaten Karo adalah daerah pertanian yang memasok kebutuhan sayur dan buah hingga luar provinsi, bahkan luar negeri.

“Tempat kita ini jalannya kecil, jadi kendaraan harus bisa teratur dan rapi. Maka kita harapkan (terminal) ini dijaga dengan baik,” ujar Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

Alasan mengapa Terminal Kabanjahe menjadi proyek percontohan, lanjut Edy, sebab Kabupaten Karo dalam sejarahnya adalah daerah penghasil sayur dan buah, dimana setiap tahun sering digelar pesta hasil pertanian sebagai wujud syukur atas limpahan hasil alam.

“Di sini tempat sayuran dan buah-buahan, dari mulai zaman Belanda sudah ada pesta buah dan bunga. Dengan itu orang datang kemari. Untuk itu perlu mengatur kondisi lalu lintas dan terminalnya,” jelas Edy Rahmayadi.

Terminal dengan luas areal lebih kurang 6.450 meter2 ini didukung fasilitas seperti ruang loket bagi setiap perusahaan angkutan, ruang tunggu penumpang hingga tempat khusus ibu menyusui. Selain itu, gedung utama di bagian tengah juga menjadi kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perhubungan (PSPP) Kabanjahe, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut.

Baca Juga:

Bupati Karo Terima Panitia Pentahbisan 15 Calon Pendeta GBKP 2021

Ini Tiga Prioritas Pembangunan Kabupaten Karo 2022

“Cukup representatif, hanya perlu penjagaan oleh masyarakat agar tertib. Siapkan tempat sampah di sini, terutama toiletnya saya lihat bagus, harus bersih (terus),” sebut Edy.

Edy pun berharap di kawasan perkotaan, khususnya rambu lalulintas dipatuhi agar menimbulkan kesan tertib di masyarakat. Ditambah lagi dengan penyediaan halte di beberapa titik.

Gubsu berpesan agar terminal yang diresmikan dijaga dan dirawat.

“Atas nama Pemprovsu, hari ini kami nyatakan dan resmikan Terminal Tipe  B Kabanjahe ini resmi beroperasi. Terminal ini cukup menarik dan bermanfaat, tertata rapi sehingga nyaman digunakan,” ujar Gubsu Edy Rahmayadi.

Peresmian Terminal Tipe B Modern Kabanjahe, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubsu Edy Rahmayadi dan Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Acara peresmian Terminal Kabanjahe dihadiri Ketua DPRD Sumut Baskami Giting, Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, Kepala Dishub Sumut Abdul Haris Lubis, Plt Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Dahler Lubis, Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Dirut Bank Sumut Budi Utomo,  Ketua TP PKK Kabupaten Karo Sariati Terkelin Brahmana.

Dibangun Sejak 1980

Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam sambutannya, menyatakan bangga dengan selesainya  pembangunan Terminal Kabanjahe.

“Merujuk Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 132 Tahun 2015, mengamanahkan terminal adalah pangkalan kendaraan bermotor umum yang digunakan untuk mengatur kedatangan dan menurunkan orang dan atau barang serta perpindahan moda angkutan,” katanya.

Berdasarkan Undang-Undang  23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, bahwa kewenangan pengelolaan terminal AKDP terbagi dalam tiga (3) tipe terminal, yaitu terminal tipe A, terminal tipe B dan terminal tipe C.

“Untuk  tipe B, pengelolaannya berdasarkan aturan harus beralih ke Pemprovsu.  Sehingga proses pembangunan dapat diwujudkan pada tahun 2020,” kata Terkelin.

Bupati mengatakan, Terminal Kabanjahe dibangun tahun 1980 oleh Pemkab Karo dan saat itu berstatus tipe C.

“Ada rentang waktu 40 tahun untuk direvitalisasi kembali menjadi terminal percontohan dengan segala fasilitas yang ada. Tentu faktor yang diperhatikan perawatan dan  faktor bidang keamanan dan kebersihannya sehingga nyaman bagi masyarakat. Atas nama Pemkab Karo kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada Pemprovsu yang telah membangun terminal percontohan tipe B Kabanjahe yang akan menjadi salah satu ikon dan pintu masuk Kaldera Toba dan pintu gerbang KSPN bagi Kabupaten Karo,” pungkas Terkelin. (Rep-01 | sumutprov.go.id |Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *