Kodam I/BB Bangun Sumur Bor dan Fasilitas MCK di Tiga Desa Kabupaten Karo

oleh -51 Kali Dibaca
Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Kav Yuli Eko Hardyanto bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono melakukan peletakan batu pertama pembangunan sumur bor dan MCK. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Kodam I/BB) melalui Kodim 0205/Tanah Karo membangun sumur bor dan fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) di Desa Guru Kinayan, Desa Kutarakyat, dan Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Kav Yuli Eko Hardyanto mengungkapkan, pembangunan sumur bor dan fasilitas MCK ini merupakan gagasan dan kepedulian Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Irwansyah.

“Ide pembangunan sumur bor dan MCK, pasca erupsi Gunung Sinabung, bulan lalu. Melihat situasi ini, Pangdam ingin membantu masyarakat dengan menyediakan kebutuhan air bersih, yang terdampak erupsi dan lahar dingin menyebabkan saluran air ke rumah warga terhenti, akibat pipa rusak, tidak dapat berfungsi. Pimpinan menginstruksikan mengatasi kesulitan masyarakat. Ini bagian dari 8 Wajib TNI (di antaranya) menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat  sekelilingnya. Kemudian ditindaklanjuti dan ada masyarakat bersedia menghibahkan tanah untuk dibangun sumur bor dan MCK,” kata Letkol Kav Yuli Eko Hardyanto saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan sumur bor dan MCK di Desa Guru Kinayan, Jumat 9 Oktober 2020.

Eko mengungkapkan, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah mengapresiasi bantuan warga dalam pembangunan sumur bor dan fasilitas MCK.

Baca Berita:

Ketua DPRD Karo Curigai Ada Oknum ASN Tidak Netral di Pilbup Karo

Seluruh Puskesmas di Kabupaten Karo Kini Miliki Ambulans

“Salam dari Bapak Panglima atas kepedulian masyarakat dalam terciptanya pembangunan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih  sehari-hari masyarakat yang  membutuhkannya,” kata Eko.

Eko menambahkan, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke-75 Tahun.

“Pangdam juga menitipkan bantuan sembako dalam rangka momentum HUT TNI ke-75 tahun, akan kami salurkan juga,” katanya.  

Hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan sumur bor dan MCK, Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono dan Camat Payung Jepta Tarigan.

“Pemda Karo mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pangdam I /BB atas kepedulian dalam mengatasi kesulitan masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung,” kata Terkelin.

Sementara itu, Camat Payung Jepta Tarigan mengakui air bersih menjadi masalah warga desa di sekitar Gunung Sinabung. Ini disebabkan rusaknya pipa saluran air bersih akibat dampat lahar dingin Gunung Sinabung.

Warga Guru Kinayan, Amelia br Singarimbun mengaku menghibahkan tanah miliknya untuk dibangun sumur bor dan MCK atas kesadaran sendiri dan demi kepentingan bersama.

“Hibah ini dengan kesadaran sendiri, demi pembangunan, kepentingan  masyarakat. Karena dari kita untuk kita. Tidak masalah, yang penting program membantu masyarakt berjalan, ini yang kita harapkan,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *