Program TMMD Kodim Tanah Karo Berakhir

oleh -393 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara memotong pita di atas jembatan Merah Putih yang dibangun Kodim 0205/TK dalam program TMMD ke-107. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang ke-107 di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berakhir. Program ini dilaksanakan Komando Distrik Militer (Kodim) 0205/Tanah Karo, sejak sebulan lalu.

Berakhirnya program TMMD yang ke-107 di Kabupaten Karo ditandai dengan potong pita dan serah terima hasil pengerjaan program TMMD dari Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf Taufik Rizal Batubara kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana di lokasi TMMD di Desa Kacaribu, Kecamatan Kabanjahe, Selasa 14 April 2020.

Dalam laporannya, Dansatgas TMMD Kabupaten Karo Dandim 0205/TK, Letkol Inf Taufik Rizal Batubara mengungkapkan, program TMMD selain membantu Pemerintahan Kabupaten Karo, juga sebagai pengabdian TNI untuk negeri.

Disebutkannya, pengerjaan yang dilakukan Kodim 0205/TK dalam program TMMD yang ke-107, pengerjaan fisik jembatan komposit 18 meter x 6 meter, pembuatan bronjong 30 meter, pembuatan parit 200 meter.

Baca Berita: 

Gugus Tugas Covid-19 Karo Gelar Rapat Program Penanganan Virus Corona

Pemkab Karo Siapkan Lokasi Makam Bagi Pasien Covid-19 Meninggal Dunia

“Jembatan yang sudah dikerjakan prajurit TNI kita beri nama jembatan Merah Putih. Ke depan, jembatan ini semoga bermanfaat dalam membantu perekonomian masyarakat, sebab jembatan ini penghubung antar-desa, antar-kecamatan, bahkan antar-provinsi,” katanya.

Taufik menambahkan, untuk sementara jembatan yang telah selesai dikerjakan belum dapat dilalui oleh kendaraan roda empat dan roda dua.

“Sebab belum utuh daya tahan jembatan Merah Putih, hanya khusus bagi pejalan kaki.  Pastinya, 40 hari kedepan baru clear bisa dilalui (kendaraan),” katanya.

Taufik menerangkan pengerjaan jembatan, bronjong dan parit dilakukan dalam waktu selama satu bulan.

“Program kegiatan TMMD sudah selesai dikerjakan selama lebih kurang sebulan,” katanya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi program TMMD yang telah dilakukan Kodim 0205/TK di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19.

“Atas nama Pemerintah  Kabupaten Karo mengucapkan setinggi-tingginya kepada jajaran TNI Kodim 0205 /TK atas program TMMD ke-107 telah tercapai sasaran. Walaupun acara penutupan, peresmian dan serah terima pengerjaan tugas TMMD kepada Pemkab Karo tidak dimeriahkan secara upacara resmi  sebagaimana mestinya bukan mengurangi makna. Kita tahu kondisi sekarang akibat Covid-19, kita harus membatasi kerumunan menerapkan social distancing dan physical distancing,” kata Terkelin.

Kepala Desa Kacaribu, Suhardi Tarigan mengucapkan terima kasih dengan program TMMD di desanya.

“Ini patut warga Kacaribu bersyukur, sebab selama ini masyarakat sangat terganggu dengan keadaan jalan tersebut sudah dua tahun longsor tidak berfungsi. Dengan kehadiran prajurit TNI Kodim 0205 /TK dalam program TMMD ke 107, tentu kami apresiasi. Ke depan kami tidak akan sulit lagi dalam jalur darat yang menghubungkan antar desa, membawa hasil hasil pertanian warga, tentu sangat membantu perekonomian masyarakat Kacaribu,” pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Danyonif 125 /Smb Letkol Inf Anjuanda Pardosi, Kasi Intel Kejaksaan Karo Ifhan Lubis dan  sejumlah pimpinan OPD Pemkab Karo. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *