Tinjau Pembangunan Huntap Relokasi Tahap III Siosar, Ini Komentar BNPB

oleh -225 Kali Dibaca
Direktur Peningkatan dan Pemulihan Fisik, pada Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Taufik Kartiko bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau lokasi pembangunan Huntap Relokasi Tahap III di Desa Siosar, Kabupaten Karo.[Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Direktur Peningkatan dan Pemulihan Fisik, pada Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Taufik Kartiko meninjau langsung pembangunan rumah hunian tetap (Huntap) III di Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Pembangunan Huntap Relokasi Tahap III mulai dikerjakan sejak Agustus 2019, dan secara simbolis pembangunan diresmi oleh Kepala BNPB Doni Monardo pada Jumat 18 Oktober 2019. Ditargetkan, pembangunan Huntap Relokasi Tahap III di atas lahan 70 hektar yang diperuntukan bagi 1.038 kepala keluarga berasal dari Desa Desa Sigarang-garang,  Sukanalu, Mardingding, dan Dusun Lau Kawar, akan selesai dibangun pada Desember 2019.

Kedatangan Taufik Kartiko beserta rombongan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Liaison Officer BNPB Kolonel Inf Yufti Senjaya, Asisten I Pemkab Karo Suang Karokaro, Kalak BPBD Karo Martin Sitepu, Kabid RR BPBD Provinsi Sumatera Utara Adam, dan Kasi BPBD Karo Nius Abdi Ginting, disambut oleh Dermawan Tarigan selaku konsultan dari PT Sakarnas, yang mengerjakan pembangunan Huntap.

Berita Terkait: Pemkab Karo-BNPB-Pemprov Sumut Evaluasi Relokasi Tahap III Sinabung

Taufik Kartiko mengungkapkan, sejak dimulainya pembangunan Huntap Relokasi Tahap III, BNPB mendapatkan laporan secara berkala terhadap progress pembangunan. Hanya saja, kata Taufik, BNPB ingin memastikan, melihat langsung proses pembangunan di lapangan.

Dalam peninjauan langsung di lokasi pembangunan Huntap Relokasi Tahap III di Desa Siosar, pada Senin 25 November 2019, Taufik menyisir kawasan pembangunan. Dia menilai pembangunan yang sedang berjalan saat ini sesuai rencana.

“Iya kita sisir tadi. Sudah terlihat rumah seperti siap huni, tinggal infrastruktur jalan yang belum terbangun,” katanya.

Baca Berita:

Meresahkan Perhotelan di Berastagi, Pencuri Kayu Manis Tertangkap Tangan

Pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia-Kabupaten Karo Dilantik

Bupati Karo Terkelin Brahmana menjelaskan pembangunan Huntap Relokasi Tahap III berjumlah 170 unit rumah.

Senada dengan Taufik Kartiko, Terkelin menilai pembangunan Huntap Relokasi Tahap III di lapangan sesuai dengan rencana, dan kegiatan pembangunan yang dilakukan perusahaan, PT Sakarnas, selalu dimonitor BPBD Karo.

“Untuk menjadi bahan evaluasi dan penentuan langkah-langkah yang dibutuhkan,” ujarnya.

Bupati berharap fasilitas sosial dan fasilitas umum di Huntap Relokasi Tahap III ini di tahun 2020 terbangun dan terealisasi.

“Sehingga masyarakat dapat menghuni rumah tersebut,” katanya.

Dermawan Tarigan mewakili PT Sakarnas, yakin target penyelesaian pembangunan Huntap Relokasi Tahap III ini selesai sesuai target waktu yang telah ditetapkan, pada Desember 2019.

Diungkapkannya, meski ada gangguan yang dihadapi berupa faktor cuaca dan tekstur tanah, target penyelesaian pembangunan 170 unit rumah dapat dikerjakan sesuai kontrak kerja.

“Sekarang saja sudah mulai rampung. Mudah-mudahan tidak ada halangan dan hambatan, sesuai target kita capai,” pungkas Dermawan. (Re-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *