22 Rumah Diterjang Aliran Hujan Sinabung Mengakibatkan 100 Warga Mengungsi

oleh -1.385 Kali Dibaca
Bupati Karo bersama Dansatgas Tanggap Darurat Sinabung memberi himbauan kepada warga Desa Sukatendel.

RIENEWS.COM – Akibat hujan lebat terus menguyur wilayah Gunung Sinabung yang masih aktif menyandang status Awas level (IV) hingga sampai saat ini, mengakibatkan 22 rumah warga Desa Sukatendal, Kecamatan Tiga Nderket Kabupaten Karo, Sumatera Utara diterjang lahar hujan pada pukul 14:30 WIB.

Adapun rumah warga yang diterjang lahar hujan dari wilayah Gunung Sinabung mengakibatkan rusak berat dan ringan langsung ditinjau oleh Bupati Karo, Terkelin Brahmana, didampingi Dandim 0205/TK yang juga Dansatgas Tanggap Darurat Sinabung, Letkol Inf. Agustatius Sitepu.

Plt Camat Tiga Nderket, Sukur Berahmana mengatakan, lahar hujan turun setelah hujan lebat mengguyur wilayah daerahnya. Darisana, air bercampur lumpur, dan bebatuan yang sebahagian diantaranya berasal dari material di jalur Gunung Sinabung keras menerjang sepanjang alur sungai yang melintasi Desa Sukatendel, dan Bekerah.

Rumah warga yang diterjang aliran sungai dari wilayah Gunung Sinabung.

“Terdapat 22 rumah terkena dampak paling berat akibat lahar hujan, bahkan 9 diantaranya rusak berat. Sedangkan lahan pertanian masih didata. Kita khawatirkan ada banjir lahar hujan susulan. Itu kenapa Bupati langsung perintahkan jajaran untuk bekerja melakukan normalisasi, dan evakuasi 100 orang warga yang terdampak,” ungkap Sukur.

Sementara itu warga yang mengalami kerusakam rumah berat, dan lainnya terpaksa mengungsi di Jambur (Tempat pertemuan) di wilayah mereka.

Letkol inf. Agustatius Sitepu berupaya bersama pihak BPBD Karo membantu jalur evakuasi aliran hujan agar meresap ke alur sungai, dengan menurunkan alat berat, dan memberikan bantuan kepada warga.[BAY]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *