25 Ribu Porsi Makanan Khas Akan Disajikan Pada HUT Perdana Karo

oleh -2.210 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama istri, menggenakan busana adat Karo. [Foto Rienews.com]

RIENEWS.COM Pemerintah Kabupaten Karo mengagendakan perayaan Hari Jadi (Hari Ulang Tahun) Kabupaten Karo pada tanggal 6 hingga 7 April 2018. Pelaksanaan perayaan Hari Jadi Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sengaja diundur dari tanggal hari jadi Pemkab Karo, 8 Maret.

Asisten I Setdakab Karo, Suang Karokaro mengungkapkan, perayaan akan dilaksanakan di depan rumah Dinas Bupati Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe.

“ Karena sesuatu hal, maka perayaan Hari Jadi Kabupaten Karo yang pertama ini akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 April 2018, di depan rumah Dinas Bupati Karo Jalan Veteran,” ujar Suang Karokaro.

Dijelaskan Suang, lokasi perayaan akan memakai salah satu badan jalan protokol, di depan rumah Dinas Bupati Karo. Perayaan itu akan diisi dengan pameran kuliner hingga industri.

KLIK: Deklarasi Warga Galang: Pilih Putra Asli Daerah

“Salah satu jalan protokol di Kabanjahe ini akan disulap menjadi Pameran Kuliner Karo, Pameran Dunia Usaha, dan Dunia Industri,” ujar Suang.

Pameran kuliner, sebut Suang, akan menampilkan aneka kuliner khas Karo. “Akan disediakan sekitar 25 ribu porsi makanan khas Karo, yang akan dibagi gratis kepada masyarakat pengunjung,” ujar  Suang Karokaro.

Ke 25 ribu porsi makanan khas Karo, sebut Suang, akan disajikan peserta pameran yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, juga dari pihak usaha, dan industri.

“Rencana ada sekitar 30 ttand dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Karo,” imbuh Suang.

Dia menegaskan, perayaan HUT Kabupaten Karo tidak memakai anggaran dari APBD, disebabkan tidak adanya alokasi tersebut di APBD. Hal ini menyebabkan mundurnya perayaan HUT Kabupaten Karo.

Namun, kata Suang, Bupati Karo Terkelin Brahmana membentuk  panitia event organizier agar perayaan HUT Kabupaten Karo terlaksana.

“Karena memang tidak ada ditampung (APBD) sebelumnya. Kegiatan tersebut dibatalkan akibat tidak ada anggarannya. Namun, Bupati Karo Terkelin Brahmana membentuk panitia (terdiri atas)  Asisten I, Suang Karokaro, Asisten II, Jernih Tarigan, dan Kabag Otda Robinson Brahmana, diangkatlah EO  (Event Organizier) dadakan dengan tujuan acara ini dapat terselenggara,” pungkas Suang.

Sementara itu, Sekda Pemkab Karo, Kamperas Terkelin Purba, Kamis 29 Maret 2018,  telah bertemu EO HUT Kabupaten Karo, di Aula lantai tiga, Kantor Bupati Karo.

Dalam pertemuan itu, ditunjuk Ketua Panitia yakni, Petrus Peranginangin (Sam Nangin’s) merupakan pemilik DDS Three light, kursus musik Kabanjahe.

“DDS Three Light siap sebagai EO untuk menyelenggarakan perayaan Kabupaten Karo,” ujar Kamperas.

Bupati Karo Terkelin Brahmana optimis perayaan HUT Kabupaten Karo untuk yang pertama kalinya, akan terlaksana, meski tidak ada anggaran dari APBD.

“Saya sangat optimis akan berjalan dengan sukses dan membawa manfaat bagi rakyat Karo, dan Kabupaten Karo dapat semakin menuju rakyat sejahtera, bermartabat. Kearifan lokal budaya bergaung kembali dan berprestasi,” kata Terkelin.

Bupati mengajak masyarakat Karo turut memeriahkan acara tersebut nantinya. “Mari kita bersama-sama ikut memeriahkan  Hari Perayaan Kabupaten Karo. Walau pun sederhana, tapi maknanya sungguh tidak ternilai. Akan jadi catatan sejarah bahwa Kabupaten Karo pertama kali akan  merayakan HUT Kabupaten Karo ke-72  tahun dengan meriah,” pungkas Terkelin Brahmana. (Bay)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *