Bali Dua Kali Diguncang Gempa

oleh -223 Kali Dibaca
Lokasi gempa bumi di Provinsi Bali, Kamis 13 November 2019. [Foto screenshot Laman BMKG | Rienews]

RIENEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi mengguncang Provinsi Bali, Kamis 14 November 2019, sekitar pukul 17.21 WIB. Getaran gempa 5,1 SR dirasakan mayoritas warga di Bali. BMKG menegaskan gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“Masyarakat dihimbau agar tidak panik dan hanya membaca informasi dari BMKG atau BNPB/BPBD, info update akan disampaikan lebih lanjut,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam pesan Whatsapp grup jurnalis, Kamis malam.

Agus menjelaskan, kondisi mutakhir berdasakan pantauan Pusdalops BNPB, gempa dirasakan masyarakat di Jembrana.

“Sangat keras dirasakan (5-8 detik), masyarakat berhamburan keluar. Di Buleleng, dirasakan dua kali getaran. Warga sempat panic, belum ada laporan kerusakan,” kata Agus.

Baca Berita:

BNNK Karo Canangkan Program Desa Bersinar

Pemkab Karo Peringati Hari Anak Nasional

Sedangkan guncangan gempa dirasakan lemah di kawasan  Tabanan.

Agus menyatakan belum ada informasi kerusakan dampak gempa.

Skala MMI gempa bumi yang mengguncang Provinsi Bali, Kamis 13 November 2019. [Foto Screenshot Laman BMKG | Rienews]
Pengamatan Rienews.com di laman website guncangan gempa bumi pertama kali terjadi pada Kamis, pukul 17.10 WIB, dengan kekuatan 4,6 SR. Pusat gempa berada di darat 23 Km barat daya Buleleng.  Guncangan ini dirasakan dengan skala Mercalli (Modified Mercalli Intensity/MMI) III di Kabupaten Buleleng dan skala MMI II di Kabupaten Jembrana.

Guncangan kembali terjadi pada pukul 17.21 WIB, dengan kekuatan 5,1 SR. BMKG melaporkan pusat gemba berada di laut 21 Km barat daya Buleleng. Gempa susulan ini dirasakan warga dengan skla III-IV untuk wilayah Kabupaten Buleleng, III di  Denpasar, Kuta, Mataram, dan Jembrana. (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *