BPBD Karo: Tidak Ada Korban Jiwa dan Penambahan Pengungsi

oleh -1.353 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana memantau aktivitas Gunung Sinabung di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Sinabung, Senin 19 Februari 2018. [Foto Bay|Rienews.com]

RIENEWS.COM Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menegaskan tidak ada korban jiwa dan penambahan pengungsi, setelah terjadinya letusan besar Gunung Sinabung, Senin 19 Februari 2018, pukul 08.53 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, BPBD Karo telah melaporkan penanganan letusan Gunung Sinabung kepada Kepala BNPB Willem Rampangilei.

KLIK: Letusan Besar Gunung Sinabung, TRC BNPB Dampingi BPBD Karo  

“Berdasarkan laporan BPBD Karo tidak ada korban jiwa. Tidak ada tambahan pengungsi,” tegas Sutopo.

Pengungsi lama sudah ditempatkan di hunian sementara dan sebagian mendapat bantuan sewa rumah dan lahan pertanian dari BNPB.

“Kebutuhan mendesak adalah masker dan mobil tangki untuk menyemprot abu vulkanik di jalan dan permukiman warga,” imbuh Sutopo.

Gunung Sinabung memuntahkan abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 5.000 meter, dengan tekanan kuat dan warna kelabu kegelapan. Tercatat durasi letusan gempa 607 detik. (BAY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *