Bupati Karo Puji Kreativitas Abram Memanfaatkan Mina Padi

oleh -1.548 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama pejabat teras Pemkab Karo meninjau kreativitas Abram Sitepu memanfaatkan mina padi di Desa Sukanalu, Kecamatan Barusjahe, Kamis 4 Juli 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Ketelatenan Abram Sitepu, petani di Desa Sukanalu, Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, memanfaatkan aliran air sawah, mina padi, menjadi agrowisata mendapat pujian Bupati Karo Terkelin Brahmana. Bupati bersama pejabat teras Pemkab Karo, Kamis 4 Juli 2019, menyempatkan diri menikmati suasana mina padi berpotensi dikembangkan menjadii agrowisata itu.

Dengan bergotongroyong bersama warga, area mina padi, dimanfaatkan Abram sebagai kolam ikan. Kini ada 30 kolam ikan di kawasan tersebut.

“Pola pertanian terpadu atau dikenal dengan istilah mina padi diklaim dapat menjadi program unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani sawah,” ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Terkelin menyebutkan, lokasi kolam ikan Abram bukan hanya tempat berekreasi saja. Namun, di tempat ini pengunjung bisa berwisata kuliner dengan menu ikan segar yang diambil dari kolam. Selain itu, pengunjung bisa memetik edukasi cara bertani yang dipadu dengan budidaya ikan dan konsep wisata, agrowisata.

Ditegaskannya, konsep mengkombinasikan pertanian sawah dengan budidaya ikan, maka petani setiap satu musim panen memiliki dua penghasilan sekaligus.

“Dulupun leluhur kita mengajarkan cara bertani seperti yang dilakukan Abram Sitepu. Petani tak lagi menunggu punya penghasilan dari panen padi saja, tapi setiap bulan bisa menjual benih atau ikan yang dibudidayakan di lahan sawah itu,” ungkap Terkelin.

Baca Berita:

BNN Karo Bongkar Kedok ‘Petani’ Herman

Bupati Karo Sidak Jalan Alternatif Jelang Festival Bunga-Buah

Dengan pertanian model mina padi, sebut Terkelin, petani akan memperoleh banyak keuntungan.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi, Kepala Dinas PUPR Paten Purba, Kabid Bina Marga PUPR Hendra Mitcon Purba, Camat Barusjahe Kalsium Sitepu, Kepala Desa Sukanalu, Pasti Tarigan, menikmati menu ikan segar yang disuguhi Abram Sitepu.

Abram Sitepu menuturkan, berharap agar masyarakat lebih mengenal, mengerti, dan mengetahui cara bercocok tanam, budidaya ikan nila dengan prospek yang menggiurkan, sekaligus berwisata.  Dia pun tak sungkan memberikan ilmu konsep pertanian yang ia lakukan.

Bahkan, kata Abram, di hari-hari libur lokasi tersebut  dipenuhi pengunjung. Dengan  mengusung konsep wisata kuliner dan edukasi, pengunjung disuguhi pemandangan indah berupa hamparan kolam ikan di tengah areal persawahan.

“Semua menu kami olah dengan ikan fresh yang diambil dari kolam langsung. Bahkan pengunjung juga bisa mengambil sendiri ikannya,” ungkap Abram.

Aroma bumbu rempah khas pedesaan saat ikan digoreng atau dibakar, langsung menyeruak, memantik rasa lapar.

“Kalau mau bawa pulang ikan segar juga bisa. Kami memberi keistimewaan, mempersilakan pengunjung memilih sendiri ikan dari kolam,” jelas Abram.

“Tujuan utama saya sebenarnya memang ini. Berbagi ilmu bagi siapa saja yang berminat mengusung konsep bertani, budidaya ikan, dan berwisata, mirip agrowisata mini. Di sini saya dengan senang hati berbagi ilmu,” tuturnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *